Apple CarPlay dan Android Auto dirancang untuk masa depan otomatif yang serba pintar dan terhubung. Membenamkan dua addon itu ke kendaraan atau membeli kendaraan dengan bekal salah satunya dari mereka tentu bukan opsi yang murah dan mudah. Tapi kini hadir perangkat baru buatan Anker yang bisa menghadirkan fitur pintar ke dalam mobil. Baru saja debut, Roav Viva dipamerkan di ajang CES 2018 yang digelar di Las Vegas.

Roav Viva berjalan dengan pasokan daya dari colokan rokok 23-volt yang ada di hampir semua mobil keluaran tahun 2000-an. Fitur paling wah di Roav Viva adalah kehadiran teknologi asisten virtual pintar Amazon Alexa yang memungkinkan perangkat menjadi co-pilot bagi pengemudi untuk melakukan beberapa hal. Misalnya, mengetahui prakiraan cuaca, menelpon, memesan pizza, memutar musik, navigasi melalui suara dan berbagai tugas yang mampu dilakukan oleh Alexa bisa dilakukan, semua input diberikan melalui perintah suara. Fitur yang belum bisa ditemukan bahkan di kebanyakan mobil keluaran terbaru. Lebih keren lagi, Roav Viva juga bisa digunakan untuk mengendalikan perangkat rumah pintar yang terhubung.

 

Sayangnya, untuk bekerja secara optimal, Roav Viva masih membutuhkan bantuan dari smartphone. Namun sebagai pelengkapnya, Roav Via dibekali beberapa fitur seperti dua port USB yang bisa dijadikan pengisi daya bagi smartphone, dua lubang mikrofon, dan led berbentuk cincin yang sekaligus menjadi indikator status Alexa. Roav Viva saat ini sudah bisa dipesan melalui Amazon untuk kawasan US dengan banderol $50.

Roav Viva_2

Sebagai informasi bagi Anda, bahwa Roav adalah nama perusahaan yang berada di bawah brand Anker. Roav berfokus pada pembuatan perangkat untuk otomotif, seperti kamera dashboard dan charger plug-in untuk ponsel. Viva ini menjadi langkah maju bagi Roav untuk membawa fitur-fitur pintar ke dalam mobil-mobil tua.

Sumber berita Techradar.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.