17 October 2013

by Yoga Wisesa

Anki Drive: Permainan Mobil Balap Dengan Kecerdasan Buatan

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika mainan Mini 4WD Tamiya bukan hanya bisa melaju kencang, namun juga memiliki karakternya sendiri dan bahkan mampu berpikir? Tiga pria jebolan Carnegie Mellon University: Boris Sofman, Mark Palatucci and Hanns Tappeiner berhasil merealisasikan mimpi ini dengan Anki Drive yang sebentar lagi akan diluncurkan.

Anki Drive merupakan perpaduan apa yang biasa kita temui dalam videogame dengan mobil balap mainan. Ia dibuat dengan sangat canggih: mobil-mobil Anki Drive adalah satu dari sedikit mainan yang didukung teknologi kecerdasan buatan dimana mereka bisa belajar dari pengalaman.

Permainan ini diperkenalkan saat Worldwide Developers Conference lalu, dan tampaknya Apple sangat terkesan olehnya. Kini permainan ini siap diperkenalkan ke khalayak umum.

Kemudian bagaimana cara kerjanya? Satu set Anki Drive terdiri dari sebuah matras sirkuit, mobil dan aplikasi untuk iOS. Di balik matras hitam tersebut terdapat tinta spesial yang dibubuhi kode-kode posisi untuk membaca poisisi tiap-tiap mobil mobil. Dan tiap mobil memiliki sepasang motor yang mentenagai roda belakang mereka. Bukan itu saja, ia memiliki kamera kecil untuk berinteraksi dengan track, kemudian sebuah microprosesor berkecepatan 50MHz, tombol power, lampu LED warna-warni, baterai yang bisa diisi ulang serta koneksi radio Bluetooth LE.

Jendela Anda untuk balapan adalah layar device Apple via aplikasi iOS Anki Drive. Dengan app ini Anda bisa 'mengendarai' mobil balap secara langsung dan menggunakan 'persenjataan' yang telah tersedia. Namun bagian terbaiknya datang dari tiap kali Anda memainkannya. Mobil balap ini akan terus-menerus belajar menyelesaikan balapan dengan lebih efektif, membaca gerakan lawan-lawannya, bahkan menutup jalan hingga menyalip. Boris Sofman, Mark Palatucci and Hanns Tappeiner meyakinkan bahwa tidak ada satupun dari manuver ini yang telah diprogram sebelumnya: gerakan-gerakan ini merupakan keputusan mereka sendiri. Kemudian jika mereka bisa bermain sendiri, apa gunanya Anda?

Dengan memiringkan iDevice yang Anda miliki, Anda dapat mem-bypass gerakan mobil balap, apakah itu untuk membelok lebih tajam atau mendahului dari arah luar, dan juga mengaktifkan senjata. Tentu saja mobil ini sangat pintar, Anda sama sekali tidak perlu menekan tombol gas ataupun rem agar ia bisa berjalan sempurna. Bahkan saat Anda sengaja membalikkan posisi mobil, ia akan berputar ke arah yang benar dan melanjutkan pertandingan. Senjata yang Anda gunakan memiliki dampak langsung pada mobil lawan - mereka bisa melambat atau bahkan terpelintir.

Bukan itu saja, seperti karakter dalam videogame, mobil-mobil ini akan bertambah cepat dan bertambah efektif jika semakin sering dimainkan. Yang sangat mengejutkan adalah efek ini bersifat permanen. Mobil Anki Drive yang telah dimainkan selama satu dua bulan akan jauh lebih canggih dibandingkan ia yang baru saja dikeluarkan dari bungkusnya. Dan tiap-tiap mobil ini memiliki karakter yang berbeda berdasarkan upgrade yang Anda pilih.

Ada empat pilihan mobil yang bisa Anda gunakan. Katal dan Rho akan dibundel bersama starter kit yang dibanderol seharga US$ 200. Anda bisa menambah koleksi dengan membeli Kourai dan Boson secara terpisah dengan harga US$ 70. Walaupun bisa dikembangkan sesuai keinginan Anda, tiap mobil memiliki kemampuan dasar yang berbeda: Rho dan Katal memiliki kemampuan bertahan yang lebih baik sedangkan Kourai dan Boson mempunyai persenjataan yang canggih. Palatucci menjelaskan bahwa mereka memastikan bahwa tidak ada satu mobil pun yang dapat memiliki seluruh skill yang disajikan untuk tetap menjaga keseimbangan permainan serta memotivasi Anda untuk mengkoleksi dan 'mendidik' mobil lainnya.

Matras arena memiliki ukuran 102- kali 42-inci. Tiap mobil berukuran panjang dan lebar 3,1x1,75-inci. Jika Anda bertanya-tanya mengapa penampilan mobil-mobil balap ini sangat keren, semua mobil ini didesain oleh Harald Belker. Pria ini bertanggung jawab dalam merancang mobil Batman di tahun 1996, kendaraan di film Minority Report hingga Tron: Legacy. Mungkin dalam beberapa bulan kita juga akan melihat beberapa desain mobil baru.

Dengan karakter mobil yang berbeda akan menciptakan sebuah ikatan antara Anda dengan mobil Anda. Pernahkah Anda jatuh hati pada karakter videogame yang Anda mainkan? Itulah yang Anki Drive mampu sajikan. Tetapi saat karakter game tersaji secara virtual, mobil Anki Drive mampu menyajikan ikatan yang hadir secara 'fisik'. Saya membayangkan dalam beberapa tahun ke depan akan ada turnamen Anki Drive dimana tiap peserta memiliki mobil berkarakteristik berbeda ke pertandingan...

Silakan nikmati videonya di bawah ini. Sisihkan sedikit uang Anda jika tidak mau melewati mainan fenomenal ini. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi mereka.

Via Engadget. Sumber gambar header: itunes.apple.com. Gambar lainnya: DigitalTrends.