1. Startup

Anti-trend : Internet Banking Lewat Desktop Lebih Populer Dibandingkan Mobile

Belakangan kita memang selalu dihebohkan dengan industri mobile di Indonesia yang melonjak begitu pesat, didukung dengan pertumbuhan pengguna yang menjamur bahkan jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Beberapa statistik menunjukkan bahwa Indonesia menempati 5 besar negara dengan tingkat pertumbuhan mobile, namun ternyata untuk masalah transaksi banking justru sebaliknya.

Bank Mandiri baru-baru ini menyatakan bahwa pengguna mobile banking di platform miliknya ternyata kalah pamor jika dibandingkan dengan sistem internet banking via desktop (full web). Bank Mandiri saat ini telah memiliki sekitar 11 juta rekening nasabah, dan adopsi e-Banking memiliki lonjakan pertumbuhan yang sangat besar.

"Sebagai gambaran, dari 4 juta nasabah Bank Mandiri yang terdaftar layanan mobile banking. Hanya 600-700 ribu nasabah yang aktif," ujar Rico Usthavia Frans, SVP Electronic Banking Group Bank Mandiri, dikutip dari Detikinet. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan fakta bahwa pertumbuhan adopsi smartphone yang sudah jauh melampau pertumbuhan komputer desktop/laptop.

Kemungkinan terbesar yang menurut saya masuk akal adalah masalah User Interface di mobile yang kurang nyaman, menyebabkan kurangnya "trust" dari user untuk menggunakan mobile banking. Saya sendiri menggunakan mobile banking dan internet banking, dan sayangnya pengalaman di mobile memang sepertinya kurang meyakinkan jika dibandingkan dengan di desktop. Hal ini tentu saja bisa dengan mudah diatasi oleh pihak bank, seharusnya tidak sulit untuk memperbaiki mobile app / web mereka bukan?

Lalu ada beberapa faktor lain seperti koneksi internet via mobile yang seringkali kurang bisa diandalkan, saya pun pernah hampir gagal bertransaksi via mobile banking dikarenakan koneksi 3G yang tiba-tiba terputus. Problem infrastruktur ini juga yang sepertinya menjadi kendala untuk mobile banking, dan pastinya harus melibatkan banyak pihak untuk terus membangunnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again