Categories

Gadget

Antisipasi Apple Pay, Samsung Godok Smartwatch Dengan Pemindai Sidik Jari dan Fungsi Pembayaran

Bambang Winarso - 20 September 2014

Memiliki 4 varian smartwatch dengan berbagai fitur dan platform tampaknya tak membuat Samsung berhenti menggarap sektor wearable device. Menurut media lokal Korea, Samsung masih berkeinginan merilis satu lagi perangkat di kategori yang sama, namun kali ini dengan fitur yang lebih mutakhir, berbekal sensor pemindai sidik jari.

Rencana 'gila' Samsung ini bukan tanpa misi tentunya, menurut sumber yang sama, perangkat smartwatch berbekal sensor pemindai sidik jari ini akan jadi salah satu agenda Samsung di Mobile World Congress 2015 yang jatuh di bulan Maret. Selain itu, smartwatch ini disebut-sebut mengemban misi untuk mengantisipasi kehadiran Apple Watch yang menawarkan fungsi pembayaran Apple Pay.

Mengapa demikian? Sebab salah satu tujuan penambahan sensor sidik jari, jika bukan karena faktor keamanan biasanya menjadi fitur pendukung otorisasi pembayaran. Sangat mungkin Samsung menyasar kedua misi tersebut, untuk mewujudkan rencananya Samsung kabarnya sudah menggandeng PayPal untuk menjadi rekanan.

 

 

Info Menarik: Aplikasi iOS Pilihan 15 – 20 September 2014

 

 

Kolaborasi Samsung dan PayPal sebenarnya bukan hal baru, keduanya sudah jadi partner dalam menyediakan sistem pembayaran untuk Galaxy S5 yang juga berbekal sensor pemindai sidik jari. Jadi, jika keduanya kembali bekerja sama tentu bukan sesuatu yang mustahil.

Cara kerjanya pun tak rumit, seperti yang dikutip dari GSMarena, penawaran dari sistem akan dikirimkan ke smartwatch dari toko terdekat, penawaran ini berbasis lokasi jadi akan sesuai dengan posisi pengguna. Layanan ini disebutkan akan mencakup 50 negara. Nantinya pengguna smartwatch dapat melakukan memilih barang yang ingin dibeli sebelum mendatangi toko.

Sulit dipercaya jika Samsung dan PayPal menyiapkan sistem ini bukan untuk menjegal Apple Watch dengan Apple Pay-nya. PayPal beberapa hari yang lalu bahkan sempat merilis iklan yang tersirat mempertanyakan keamanan Apple Pay dengan memanfaatkan insiden bocornya akun iCloud sederet selebritis Hollywood. Bukan sebuah kebetulan jika kemudian PayPal terlibat pembicaraan untuk merilis smartwatch dengan fitur pembayaran layaknya Apple Pay.

Smartwatch yang belum bernama ini sangat mungkin akan menjadi pesaing terberat Apple Watch. Pertanyaanya, berkaca pada ragam platform yang digunakan oleh smartwatch terdahulu, platform mana yang punya potensi melawan Apple Watch, Android Wear atau Tizen?

Gambar header ilustrasi Gear S.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter