28 May 2014

by Korpora

Antivirus Manakah Yang Paling Tepat untuk Windows 8.1?

AV-Test Institute telah melakukan evaluasi terhadap berbagai produk antivirus untuk Windows 8.1, varian sistem operasi terbaru yang dioptimalkan untuk PC dan tablet. Evaluasi yang dilakukan meliputi 25 antivirus untuk konsumen dan sembilan antivirus untuk kebutuhan bisnis. Dari hasil uji lab yang dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan dari antivirus cukup efektif dalam memblokir malware yang menyerang komputer dengan sistem operasi Windows 8.1. Jumlah sampel yang diujikan sejumlah 20.646 untuk malware yang dikenal dan 138 sampel malware yang tak dikenal. Dan sebagian banyak produk mampu mendeteksi semua ancaman tersebut dalam test yang dilakukan Maret sampai April lalu.

Berikut adalah daftar antivirus yang memiliki tingkat proteksi tinggi untuk Windows 8.1 sesuai dengan publikasi terbaru yang dirilis AV-Test:

Home User:Corporate User:Ketrangan gambar:
    1. Kolom 1: skor proteksi. Kolom 2: skor performa. Kolom 3: skor kegunaan.
    2. Untuk informasi lebih lengkap tentang list semua anti virus dan detail dari hasil uji AV-Test klik disini.

Dalam kaitannya dengan kebutuhan bisnis, beberapa produk anti virus (Bitdefender Endpoint Security 5.3, G Data Security Client 13.0, Kaspersky Lab Endpoint Security 10.2, Symantec Endpoint Protection 12.1, McAfee VirusScan Enterprise with EPO 8.8, F-Secure Client Security 11.50) berhasil memblokir 100% ancaman virus yang ada hinggal April. Tentunya hal ini bisa dijadikan pertimbangan bagi pelaku bisnis yang hendak melalukan upgrade ke Windows versi terbaru, karena pengawalan anti virus yang mumpuni sudah bisa diandalkan di Windows 8.1

Untuk kalangan konsumen, Kaspersky Lab Internet Security 2014, Qihoo 360 Internet Security 4.2, Kingsoft Antivirus 2013, dan Tencent PC Manager 8.5 dapat dipilih untuk performa yang baik di Windows 8.1.Beberapa anti virus gratisan yang turut diuji oleh AV-Test seperti Panda Security Cloud Antivirus FREE 2.3, ThreatTrack VIPRE Internet Security 2014, dan PCKeeper Antivirus Pro 1.0 memberikan hasil yang kurang maksimal dalam pencegahan terhadap ancaman virus dan malware.

Menyimpulkan hasil uji anti virus yang direpresentasikan dari grafik di atas, untuk pengguna komputer bersistem operasi Windows 8.1 di rumah atau untuk kepentingan pribadi dapat menggunakan Kaspersky, McAfee, Avira, ataupun Bitdefender teranyar, karena selain memberikan proteksi maksimal, kinerja yang diberikan cukup baik untuk mengimbangi kemampuan hardware yang biasa digunakan untuk keperluan pribadi.

Untuk kebutuhan bisnis Bitdefender dan Kaspersky cukup unggul dalam uji lab yang dilakukan.

 

[Gambar: IlustrasiGrafik]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka Yonida.