28 November 2016

by Yoga Wisesa

AOC Perkenalkan Monitor Gaming 'Tercepat' di Dunia Dengan Refresh Rate 240Hz

AOC dengan bangga bilang bahwa 'era motion blur sudah berakhir'.

Ketika VR dan resolusi 4K menjadi standar baru di produsen home console, hal berbeda terjadi di ranah PC. Resolusi tinggi memang menyenangkan, tapi bagi kalangan gamer pro, ia bukanlah satu-satunya aspek penting penunjang kelancaran kegiatan ber-gaming. Banyak pemain kompetitif membutuhkan monitor dengan refresh rate tinggi buat menunjang PC high-end yang mereka miliki.

AOC punya kabar gembira bagi Anda yang sedang mencari monitor berperforma tinggi. Perusahaan elektronik asal Taipei itu memperkenalkan Agon AG251FZ, monitor dengan refresh rate tercepat saat ini, yaitu sebesar 240Hz, serta sanggup menyajikan waktu respons hanya satu-milidetik. Berkat kombinasi dari kemampuan tersebut, AOC dengan bangga bilang bahwa 'era motion blur sudah berakhir'.

AOC Agon AG251FZ adalah monitor TN seluas 25-inci berformat 16 banding 9. Tubuh dan frame-nya dibalut warna hitam dengan lapisan merah bebentuk 'V' di sisi punggung. Device menyajikan stand ergonomis 'Ergo Dial' berwarna perak, memungkinkan Anda menaik-turunkan posisi panel (seluas 13cm), serta memiringkan atau memutar display-nya (sudut gerakannya masing-masing ialah -3.5/21.5 serta -10/20 derajat. Alternatifnya, AG251FZ dapat dicantumkan ke mount VESA 100x100.

AOC tak lupa membekali Agon AG251FZ dengan beragam port: VGA, DVI, HDMI 2.0, DisplayPort 1.2a, empat buah USB 3.0, audio in/out serta microphone in/out. Lalu agar mudah dibawa-bawa, monitor juga disertai handle.

Panel menyuguhkan resolusi 1920x1080 dengan 16,7 juta warna, tingkat kecerahan 400cd/m2, rasio kontras 1000:1 dan viewing angle 170/160 derajat. Pengguna kartu grafis AMD Radeon juga dimanjakan oleh kehadiran fitur FreeSync. Dikombinasi bersama refresh rate 240Hz dan waktu respons satu-milidetik, AOC menjanjikan pengalaman gaming yang mulus, bebas dari efek stuttering dan screen tearing (tentu saja komposisi hardware PC tetap jadi faktor utama penentunya).

Selain itu, Agon AG251FZ dilengkapi bermacam-macam fitur seperti Shadow Control, AOC Flicker Free Technology, serta mode Low Blue Light untuk membantu mengurangi rasa lelah mata saat gamer pro dituntut buat bermain di waktu lama. Kemudian ada pula keypad QuickSwitch, memungkinkan gamer memilih preset genre permainan yang telah disiapkan, misalnya FPS, racing atau RTS. Monitor juga dibekali satu set speaker stereo 3-Watt.

Dari laporan Hexus, AOC Agon AG251FZ akan mulai dipasarkan di bulan Januari 2017, dibanderol di harga (MSRP) ‎£ 449 atau kisaran US$ 560. Cukup mahal untuk sebuah monitor 25-inci, namun mayoritas produk yang ada di pasar baru menyajikan refresh rate 120Hz-144Hz.

Sumber: AOC Europe.