AOC dan Porsche Ciptakan Monitor Berdesain Amat Keren

Tanpa kabel yang menggantung yang bisa 'merusak' pemandangan meja kerja Anda

Kita semua tahu bahwa bagian terpenting dari suatu monitor adalah panel layarnya. Namun bagi yang memprioritaskan desain monitor itu sendiri, AOC punya persembahan istimewa hasil kolaborasinya dengan Studio F. A. Porsche.

Keduanya merancang dua monitor ber-bezel tipis, satu berukuran 24 inci, dan satu lagi 27 inci. Spesifikasi selebihnya semua identik, mencakup panel IPS beresolusi 1920 x 1080 pixel, viewing angle 178ΒΊ, response time 5 ms, tingkat kecerahan 250 nit dan rasio kontras dinamis 50.000.000:1.

Harus saya akui, spesifikasinya itu tergolong standar. Tidak ada refresh rate tinggi, tidak ada dukungan wide color gamut, tapi memang nilai jual utamanya terletak pada desainnya. AOC dan Porsche merancangnya dengan tujuan untuk membuat monitor ini tampak rapi di atas meja, dengan hanya satu kabel saja yang keluar dari belakangnya.

Umumnya, Anda akan melihat paling tidak dua kabel yang menggantung dari belakang monitor. Tidak demikian di sini, dimana hanya ada satu kabel yang keluar dari ujung stand asimetrisnya, dan input HDMI beserta power-nya pun ditempatkan dalam satu adapter.

Kalau itu saja belum cukup keren, masih ada panel yang begitu tipis. Dengan tebal cuma 5,2 milimeter, 2/3 dari atas monitor ini bahkan lebih tipis ketimbang mayoritas smartphone kita. Bagian bawahnya yang tebal sendiri itu merupakan tempat bersembunyinya seluruh komponen elektronik dari monitor ini.

Buat yang tertarik, monitor bernama AOC PDS241 (24 inci) dan AOC PDS271 (27 inci) ini sekarang sudah dipasarkan melalui Amazon masing-masing seharga $200 dan $250.

Sumber: The Verge dan AOC.