Digital Marketing

Mengenal Istilah CPA, CPS, dan CPC dalam Affiliate Marketing

Mencari tahu apa yang dimaksudkan dengan CPA, CPS, dan CPC dalam dunia affiliate marketing,

Dalam affiliate marketing, terdapat banyak sekali istilah yang perlu Anda ketahui jika Anda ingin terjun menjadi seorang affiliate marketer. Diantaranya yaitu mengetahui apa yang dimaksudkan dari istilah CPA, CPS, dan CPC dalam dunia afiliasi.

Ketiga istilah tersebut adalah istilah-istilah yang digunakan dalam deskripsi program afiliasi dan akan sering Anda temui dalam platform-platform afiliasi. Untuk itu, Anda perlu mengenali definisi dan perbedaan dari ketiga istilah ini.

Apa yang Dimaksudkan CPA, CPS, dan CPC?

 

 

CPA, CPS, dan CPC adalah singkatan dari Cost Per Action, Cost Per Sale, dan Cost Per Click. Ketiga istilah ini memiliki arti yang cukup mirip. Untuk mengetahui perbedaan diantara ketiganya, Anda harus memahami definisi dari masing-masing istilah ini terlebih dahulu.

Cost Per Action (CPA) adalah istilah untuk menunjukkan komisi yang akan Anda dapat sebagai affiliate marketer untuk setiap action yang dilakukan oleh customer. Action di sini bisa berupa action membeli sebuah barang, mengunduh aplikasi, atau mengisi kuesioner.

Cost Per Sale (CPS) merupakan istilah untuk komisi yang diberikan oleh advertiser atau merchant kepada affiliate marketer untuk setiap pembelian produk oleh pelanggan melalui affiliate link.

Cost Per Click (CPC) adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjukan komisi yang didapat oleh affiliate marketer ketika customer menekan atau klik link iklan yang Anda promosikan di media promosi Anda selaku publisher.

Dari paparan definisi di atas, dapat Anda lihat ketiga istilah tersebut merupakan istilah untuk menunjukkan komisi yang akan Anda dapatkan selaku affiliate marketer. Sedangkan perbedaannya terletak pada jenis action yang diinginkan oleh merchant selaku penyedia produk atau brand yang ingin beriklan.

Untuk CPS, fokus action ada pada pembelian barang. Pada CPC, action yang diminta hanya berupa klik pada link iklan. Sedangkan fokus action CPA cukup luas dibandingkan dua istilah lainnya, yakni mencakup pembelian barang, mengunduh aplikasi, mengisi kuesioner, atau bentuk action lainnya.

Mengenal apa yang dimaksudkan dari CPA, CPS, dan CPC berguna untuk Anda sebagai affiliate marketer dalam mencari program dengan kesepakatan komisi yang sesuai. Ketiga istilah tersebut juga dapat menjadi petunjuk mengenai action apa yang diinginkan oleh pemilik brand yang ingin beriklan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter