1. DScovery

Apa Itu Forecast Penjualan dan Tips Cara Menyusunnya

Meski terbukti akurat dalam meningkatkan angka penjualan, nyatanya banyak perusahaan yang masih belum menerapkan forecast penjualan.

Forecast penjualan merupakan salah satu hal yang penting digunakan dalam dunia bisnis. Pasalnya, forecast penjualan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Forecast penjualan dilakukan untuk memperkirakan penjualan barang di masa yang akan datang, dengan berdasarkan data yang ada sebelumnya. Oleh sebab itu, forecast penjualan sangat penting untuk mengantisipasi kejadian overselling produk.

Nah, DailySocial akan memberikan beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan dalam menyusun forecast penjualanmu.

Apa Itu Forecast Penjualan?

Forecast penjualan disebut juga sebagai prakiraan penjualan. Forecast penjualan merupakan sebuah proses yang berkaitan dengan perkiraan pendapatan perusahaan atau penjualan dalam periode tertentu.

Menurut penelitian dari Aberdeen Group, perusahaan dengan forecast penjualan yang akurat 10% lebih mungkin untuk meningkatkan pendapatan mereka dari tahun ke tahun, dan 7.3% lebih mungkin untuk mencapai target mereka. Oleh sebab itu, forecast penjualan berperan penting untuk membuat operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Tips Menyusun Forecast Penjualan

Meski forecast penjualan telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, namun nyatanya masih banyak perusahaan yang belum mencoba untuk mengaplikasikannya. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips menyusun forecast penjualan yang dapat kamu aplikasikan pada usahamu.

1. Gunakan Data yang Lengkap dan Akurat

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat forecast penjualan adalah menyiapkan data penjualan dari tahun sebelumnya. Namun, kamu juga harus memastikan bahwa data tersebut telah lengkap dan akurat.

Data histori penjualan tersebut dapat kamu gunakan sebagai basis dengan mempertimbangkan setiap faktor yang dapat membantu untuk meningkatkan penjualanmu. Faktor-faktor tersebut dapat berupa tren pasar, peluang dalam pasar, peningkatan permintaan, dan lain sebagainya.

2. Pelajari Perubahan yang Terjadi, Baik pada Faktor Internal Maupun Faktor Eksternal

Kamu juga harus dapat memerhatikan dan mempelajari semua perubahan yang terjadi, baik pada faktor internal maupun eksternal. Faktor intenal dapat berupa penambahan atau pengurangan jumlah tenaga penjualan, perubahan kebijakan, serta perpindahan lokasi,

Sementara faktor eksternal meliputi perubahan kompetisi, kondisi ekonomi, perubahan permintaan pasar, perubahan perundang-undangan, hingga perubahan musim.

3. Fokus pada Permintaan

Selain fokus pada suplai barang, kamu juga perlu fokus pada permintaan. Tujuannya, agar kamu dapat menyediakan persediaan yang tepat serta mencegah kekurangan atau kelebihan persediaan. Hal ini juga akan menguntungkanmu, karena kamu dapat menghemat biaya operasional produksi.

4. Gunakan Sales Management Software yang Efektif

Untuk membuat forecast penjualan yang efektif, kamu juga perlu memiliki sistem manajamen penjualan yang baik. Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu memiliki sales management software yang efektif.

Hal tersebut tidak hanya dapat memudahkanmu dalam mengelola penjualan, tetapi juga memungkinkanmu untuk menghasilkan data perkiraan yang memiliki akurasi tinggi. Namun, hal tersebut akan terwujud apabila seluruh komponen timmu bekerja dengan baik.

Libatkan Tenaga Penjualan Saat Memperkirakan Penjualan

Tim penjualanmu merupakan pihak yang paling memahami pelanggan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melibatkan mereka dalam pembuatan forecast penjualan. Pastikan juga mereka selalu memasukkan data yang akurat terkait status penjualan secara tepat waktu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan dalam membuat forecast penjualan. Meski forecast penjualan cukup rumit, namun kamu pasti dapat merasakan keuntungannya apabila mengaplikasikan beberapa tips di atas dengan teliti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again