Google Bisnisku, Tools Pemasaran Gratis Efektif dari Google

Mengenal apa itu Google Bisnisku sebagai tools dari Google untuk para pemilik bisnis.

Apa itu Google Bisnisku? Google sebagai platformsearch engine terbesar kini memiliki tools yang khusus dihadirkan untuk para pemilik bisnis. Tools tersebut bernama Google Bisnisku atau Google My Business pada pengaturan Google berbahasa Inggris.

Google Bisnisku memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis dapat melakukan banyak hal terkait bisnis Anda di Google. Apa saja ya? Yuk, kenalan lebih dalam dengan Google Bisnisku hingga ke fitur-fitur yang disediakan.

Apa Itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku merupakan salah satu tools dari Google yang memungkinkan pemilik bisnis melakukan pengaturan terhadap profil bisnisnya di Google, sehingga memudahkan calon customer untuk mengetahui informasi lengkap bisnis tersebut melalui Google search engine.

Melansir dari laman resmi Google Support, melalui Google Bisnisku ini, Anda dapat melakukan aktivitas pengaturan profil bisnis Anda seperti di bawah ini:

  • Menambahkan bisnis Anda agar muncul di Google.
  • Mengedit informasi bisnis Anda, seperti nama, alamat, jam operasional, nomor telepon, website, dan lainnya.
  • Menanggapi pesan atau panggilan telepon dari pelanggan.
  • Melakukan pengaturan notifikasi untuk perangkat seluler.

Fitur Google Bisnisku

Apa saja fitur di Google Bisnisku yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis secara gratis? Ini rangkuman informasinya untuk Anda.

Foto

Fitur pertama adalah fitur foto. Anda dapat menambahkan foto logo bisnis, foto toko, foto produk/menu, dan foto lainnya ke Google Bisnisku. Dengan begitu, pelanggan akan mudah mengenali bisnis Anda dan mempermudah jika pelanggan berencana datang ke toko Anda.

Deskripsi dan Kategori

Sumber: Google

Selanjutnya terdapat fitur deskripsi dan kategori untuk bisnis Anda. Fitur ini membantu calon customer dan juga Google memahami di bidang apa bisnis Anda bergerak dan apa yang Anda tawarkan.

Atribut

Sumber: Google

Atribut adalah salah satu fitur terpenting dalam Google Bisnisku. Anda sebaiknya melengkapi informasi yang ada pada atribut untuk memudahkan pelanggan mengetahui informasi seperti jam operasional dan kontak.

Ulasan

Sumber: Google

Fitur keempat dari Google Bisnisku adalah fitur ulasan atau review. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk bisa memberikan penilaian terhadap bisnis Anda, bisa dari segi pelayanan, produk, akses lokasi, dan lainnya. Dengan begitu, review yang diberikan customer ini bisa memberikan informasi lebih untuk customer yang lain.

Tanya Jawab

Sumber: Google

Selain ulasan, fitur tanya jawab juga dapat menjadi tempat untuk pelanggan bisa mendapatkan informasi tambahan terkait bisnis Anda. Pada fitur tanya jawab ini, customer dapat menanyakan informasi terkait bisnis Anda yang tidak tertera pada fitur lainnya.

Sama seperti ulasan, pertanyaan dari pelanggan dan jawaban dari Anda juga bisa dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi profil bisnis Anda.

Post

Punya konten promosi? Jangan lupa bagikan juga di Google Bisnisku. Di Google Bisnisku terdapat fitur Post yang bisa Anda manfaatkan untuk membagikan konten-konten promosi atau konten lainnya selayaknya di media sosial.

Google My Business Insights

Sumber: Google

Fitur terakhir dari Google Bisnisku yang berguna untuk Anda pemilik bisnis adalah Google My Business Insights. Jika fitur-fitur sebelumnya dapat dilihat oleh customer dan memberikan informasi terkait bisnis kepada pelanggan, beda halnya dengan fitur terakhir ini.

Google My Business Insights hanya dapat dilihat oleh Anda selaku pemilik bisnis dan dapat memberikan informasi untuk Anda seperti berapa kali profil bisnis Anda dilihat, dari mana orang-orang dapat akses ke profil bisnis Anda, dan lain-lain. Informasi tersebut akan sangat berguna untuk kebutuhan pemasaran digital Anda.

Demikian informasi mengenai apa itu Google Bisnisku dan tujuh fitur yang disediakan. Memiliki profil Google Bisnisku adalah salah satu strategi pemasaran gratis yang memberikan dampak positif jangka panjang terhadap bisnis Anda. Tertarik mencobanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again