Categories

Tips & Trik

Apa Itu MSQRD (Masquerade)?

Aplikasi yang telah menjadi milik Facebook ini sedang jadi idola di banyak negara Eropa

Bambang Winarso - 16 March 2016

Aplikasi tukar wajah Masquerade atau MSQRD sedang jadi perbincangan di banyak negara. Ia menjadi salah satu penghuni daftar aplikasi iOS terpopuler di sejumlah negara, terutama di Rusia. Tapi, sebenarnya apa situ Masquerade itu dan mengapa ia begitu digandrungi? Kita akan kuliti luar dalam Masquerade guna menjawab pertanyaan itu.

Masquerade atau MSQRD merupakan aplikasi filter untuk foto dan video berbasis iOS dan Android. Kegunaan utamanya adalah untuk menerapkan filter berupa topeng bentuk lain ke wajah di dalam foto, bisa berupa wajah orang lain, hewan, karakter kartun dan lain-lain. MSQRD menerapkan prosedur editing kompleks melalui proses yang sederhana.

Segera setelah aplikasi mengenali foto seseorang, ia akan melekatkan topeng di atasnya. Di versi Android versi beta terdapat 13 jenis topeng yang bisa dipilih. Menariknya, pengguna juga dapat menerapkan filter yang sama untuk video, mengubah tampilan wajah dengan beberapa kali ketukan jari, misalnya mengubah wajah Anda menjadi wajah Leonardo Dicaprio, atau mengubah mata Anda menjadi lebih lentik, menukar wajah Anda dengan pasangan dan lain-lain. Filter ini dapat diaplikasi secara real-time sebelum dikirim atau dibagikan ke orang lain melalui aplikasi jejaring sosial.

Pengembang MSQRD

Aplikasi MSQRD dikembangkan oleh startup asal Belarusia bernama Masquerade Technologies, Inc yang digawangi oleh Eugene Nevgen, Sergey Gonchar dan Eugene Zatepyakin. Dikutip dari situs resminya, Masquerade Technologies, Inc terdiri dari sekelompok orang yang mempunyai pengalaman dalam bidang mesin belajar, pengenal wajah, pengenal ekspresi wajah dan grafis tiga dimensi.

Bersama mereka kemudian menciptakan teknologi lanjutan yang selain menjadi motor bagi aplikasi MSQRD, juga dapat diimplementasikan untuk kegunaan yang berbeda. Terutama untuk keperluan video conference, live video dan lain-lain.

Salah satunya diterjemahkan oleh pengembang melalui tool Masquerade Editor yang mengeliminasi proses kompleks rancangan kreatif pembuatan mask. Dengan kata lain, pengguna dapat menciptakan sendiri topeng untuk foto atau video mereka. Kemudian melakukan modifikasi secara real-time. Teknologi pemetaan 3 dimensi membantu pengguna menerapkan topeng dengan presisi.

Dalam perjalannya, Masquerade Technology Inc pernah didukung oleh beberapa investor, antara lain Yuri Gurski dan Gagarin Capital. Namun dengan nilai investasi yang tidak diketahui. Sekarang MSQRD telah resmi menjadi milik Facebook setelah diakuisisi yang kabar beritanya merebak pada awal Maret lalu. Sampai sekarang Facebook masih membiarkan MSQRD tetap berkiprah di platform iOS dan Android sebagai aplikasi mandiri. Sementara tiga founder-nya bakal menjadi keluarga baru di manajemen Facebook.

Cara Menggunakan MSQRD

  • Unduh dahulu aplikasi dari Play Store kemudian jalankan.
  • Gunakan ikon kamera sebagai tombol foto dan perekam, secara default tombol kamera difungsikan untuk merekam video, tap ikon kamera di sebelahnya untuk menjepret foto. Kemudian pilih filter yang tersedia di bagian bawah foto. Swipe ke kanan atau ke kiri untuk menemukan opsi filter yang ada. Pilih salah satu yang Anda rasa menarik.

  • Jika ingin merekam video, cukup tekan ikon kamera recoder. Anda boleh bergerak sesukanya, efek akan tetap berada di wajah Anda dengan catatan seluruh wajah tetap berada di dalam frame.

  • Jika sudah selesai, tap tombol Stop.

  • Tap done untuk menyimpan ke galeri atau membagikan langsung hasil rekaman dan jepretan ke jejaring sosial lainnya. Pilihannya ada Instagram, Twitter dan Facebook.

Sumber MSQRD, Gottabemobile, WikiPedia, TomsGuide

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter