1. DScovery

Apa itu Passion: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Kamu sudah tahu passionmu apa? Yuk, simak artikel berikut ini!

Kata passion pasti sudah tidak asing lagi didengar oleh telingamu. Terlebih saat masa-masa sekolah. Guru dan orang tua pasti sedang gencar-gencarnya membantu menemukan passion seseorang.

Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam menemukan passionnya. Ada yang senang berlatih alat musik, olahraga, menggambar, dan masih banyak lagi. Berikut artikel mengenai passion.

Pengertian Passion

Lalu, sebenarnya passion itu apa, sih? Passion merupakan keinginan kuat seseorang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan dianggap penting. Menurut Thesman dan Ardianti, terdapat tiga cara untuk membedakan orang yang memiliki dan tidak memiliki passion, antara lain.

1. Memilliki ambisi untuk menciptakan suatu hal yang penting serta berarti dalam hidup seseorang.

2. Orang yang memiliki passion, memiliki kecintaan terhadap bidang-bidang usaha yang digeluti.

3. Memiliki energi maupun daya untuk mewujudkan idenya.

Jenis Passion

Passion terbagi ke dalam dua jenis. Berikut jenis passion tersebut.


• Passion Harmoni
Passion harmoni merupakan dorongan seseorang dari dalam dirinya untuk melakukan hal yang disukai dan menjalaninya dengan rasa cinta. Contohnya, saat pekerjaanmu saat ini berhubungan dengan hobimu. Misalnya, kamu senang memotret dan pekerjaanmu saat ini yaitu sebagai seorang fotografer. Tentunya passion harmoni bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

• Passion Obsesi
Passion obsesi merupakan dorongan seseorang dari faktor luar yang membuat seseorang menjadi terpaksa melakukan sesuatu walaupun sebenarnya kurang disukai. Dampaknya, kinerja menjadi tidak maksimal karena tidak dijalankan sepenuh hati. Contohnya, saat kamu dipaksa mengerjakan sesuatu oleh atasanmu, namun kamu tidak bisa melakukannya. Sehingga, mau tidak mau kamu tetap memaksakan diri untuk melakukannya.

Perbedaan Passion dan Hobi

Walau terlintas mirip, sebenarnya passion dan hobi berbeda, lho. Biasanya, hobi dilakukan oleh seseorang untuk mengisi waktu luangnya yang sifatnya santai dan menghilangkan rasa jenuh.

Berbeda dengan passion yang dilakukan penuh kesenangan. Hobi seseorang mudah berubah, sedangkan passion cenderung melekat dan tidak mudah berganti.

Contoh Passion

Berikut contoh passion yang umum dialami oleh seseorang.

1. Memiliki Semangat Kuat

Passion tercipta karena adanya dorongan semangat membara dari seorang individu dalam mengerjakan suatu hal. Misalnya, seorang Videographer yang bersemangat mengikuti perlombaan video.

2. Ikatan Emosi

Passion berhubungan dengan ikatan emosional seseorang. Jika, seseorang sedang serius dan berpikir dengan tingkat tinggi, maka seseorang akan terdorong untuk berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakannya. Misalnya, seorang Programmer yang nafsu makannya menurun saat sedang mengerjakan project.

3. Antusias Tinggi

Perasaan antusias timbul karena adanya hasrat dan harapan yang besar dalam melakukan aktivitas tertentu. Tidak jarang, rasa antusias bisa membuat seseorang lupa waktu. Misalnya, saat dua orang pemain sepakbola bertemu, mereka akan banyak berbincang seputar sepakbola terus menerus karena mereka memiliki rasa antusias dalam bidang olahraga.

Berikut artikel mengenai passion, kamu bisa menemukan passionmu dengan skill yang kamu miliki saat ini. Terus kembangkan passionmu sebaik mungkin, ya. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again