Categories

Tips & Trik

Apa Itu Jejaring Sosial Pinterest?

Apakah sebenarnya Pinterest itu, bagaimana sejarahnya dan ragam fitur yang ditawarkan

Bambang Winarso - 23 December 2015

Di antara sekian banyak layanan jejaring sosial yang ada, Pinterest termasuk salah satu layanan yang wajib diikuti. Memulai kiprah di tahun 2010, Pinterest merupakan jejaring sosial yang menawarkan konsep unik dan berbeda dari layanan serupa lainnya. Di Pinterest pengguna dapat mengoleksi dan berbagi foto secara leluasa, tanpa dihantui oleh berbagai limit yang mengekang. Foto-foto yang dibagikan tidak terbatas pada foto yang Anda unggah, melainkan mencakup foto dari pengguna lain dan situs-situs tertentu.

Cara termudah menggambarkan apa itu Pinterest dan keunikannya adalah dengan membandingkannya dengan Facebook atau Twitter. Apabila Facebook dan Twitter lebih dipilih karena di sana pengguna dapat memuat status singkat lewat teks dan tulisan pendek, di Pinterest momen yang dibagikan tertuang dalam bentuk foto yang kemudian disebut dengan Pin dan koleksi terbaik yang disebut dengan Board. Sederhananya Pinterest dapat kita sebut sebagai Instagram versi plus yang lebih kompleks atau virtual pinboard.

Sejarah Singkat Pinterest

Pinterest pertama kali didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Pengembangannya pertama kali dicetuskan pada bulan Desember 2009, dan kurang lebih setahun setelahnya (Maret 2010) layanan Pinterest memasuki fase beta tertutup yang penggunaannya baru terbatas untuk kalangan tertentu saja. Di bulan kesembilan setelah peluncuran, Pinterest mempunyai pengguna sebanyak 10.000 orang.

Berkembang pesat, Ben kemudian menghadirkan aplikasi berbasis iOS pada bulan Maret 2011 yang secara efektif mendongkrak popularitas Pinterest di antara gemerlapnya Facebook. Namun di bulan April 2012 Pinterest resmi mencopot sistem undangan untuk anggota baru yang disambut baik oleh jutaan orang yang sudah lama menunggu untuk mendaftar. Dalam waktu singkat pengguna Pinterest melejit hebat, walhasil menurut Experian Hitwise, di tahun yang sama Pinterest mengklaim posisi ketiga tepat di belakang Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial terbesar di Amerika Serikat.

Berkembang sedemikan apik, Pinterest yang bermarkas di San Francisco, California, Amerika Serikat kemudian mendapatkan pendanaan sebesar $225 juta pada tahun 2013 yang secara otomatis mendongrak nilai situs yang diperkirakan senilai $3,8 miliar. Ekspansi pun dilakukan, beberapa di antaranya dengan membeli Livestar, Hackermeter dan Hike Labs.

Meski fitur dan layanan yang ada memberikan fungsi untuk berjejaring dengan pengguna lain, Ben sendiri menggambarkan Pinterest sebagai ‘catalog of ideas’ alih-alih sebagai jejaring sosial dalam wawancara dengan Fortune.

Fitur-fitur Utama Pinterest

Mengoleksi dan Berbagi Foto

Seperti yang sudah disinggung di awal, fitur utama Pinterest adalah tempat untuk berbagai foto yang disebut dengan istilah Pin. Foto-foto tersebut kemudian dapat kumpulkan berdasarkan kategori yang berbeda misalnya gaya hidup, desain, masakan, dekorasi, kesehatan dan lain-lain. Kategori-kategori inilah yang kemudian disebut dengan Board. Board-board tersebut tidak hanya dapat diisi dengan foto unggahan sendiri, tetapi juga dapat diperkaya dengan Pin-pin yang diunggah pengguna lainnya.

bb-confirmation-firefox-1-1x

Tak berhenti di situ, Pinterest juga bisa menjadi tempat berkumpulnya koleksi foto dari situs tertentu. Dengan memasang ekstensi BrowserButton, pengguna dapat mengumpulkan foto-foto favorit dari situs tertentu kemudian membagikannya kembali ke pengguna Pinterest.

Pesan

Fitur pesan di Pinterest termasuk mainan baru, fungsinya tak berbeda dengan fitur pesan pribadi di layanan jejaring sosial lainnya. Di Pinterest fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan Pin ke pengguna lain yang dipilih terlebih dahulu.

Pertemanan

Pertemanan merupakan fitur standar di semua situs jejaring sosial, tak terkecuali Pinterest. Tapi ada yang berbeda dengan sistem follow di Pinterest. Anda dapat membuat keputusan untuk mengikuti Board tertentu saja tanpa mengikuti pemiliknya atau mengikuti pengungggah Pin yang secara otomatis maka Anda akan mengikuti semua Board yang dimilikinya.

Hati

Fitur hati menjadi indikasi bahwa Anda menyukai Pin tertentu, fungsinya sama seperti tombol Like di jejaring sosial Facebook atau hati di Twitter. Tombol hati ditandai dengan bentuk dan warnanya yang khast, diletakkan di bagian atas foto, satu baris dengan tombol Pin dan Send.

Cara Daftar Pinterest

Sejak 2012 Pinterest sudah mengubah skema undangan menjadi skema pendaftaran publik, artinya siapapun sekarang bisa mendaftarkan akun dan menggunakan layanan mereka. Cara daftar dan penggunaan Pinterest sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, baca kembali panduannya di tautan ini.

Rujukan Wikipedia dan Pinterest.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter