1. DScovery

Apa itu Reimbursement: Pengertian, Hal yang Bisa Diajukan, dan Tips Mengajukan

Kamu ingin mengajukan reimbursement? Tidak semuanya bisa dilakukan, lho.

Kata reimburse atau kompensasi bisa dibilang sebagai salah satu benefit yang banyak dikenal oleh pekerja. Tidak sedikit perusahaan menerima pengajuan reimburse dari pekerja untuk mengganti pengeluaran pribadinya.

Jadi, kalau seorang pekerja telah mengeluarkan uang untuk kepentingan perusahaan, pekerja bisa mengajukan reimburse agar uangnya kembali. Berikut artikel mengenai reimburse.

Pengertian Reimburse

Tidak sedikit yang merasa asing dengan salah satu kata ini. Reimburse merupakan kompensasi yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk mengganti uang yang dikeluarkan oleh pekerja. Bisa dibilang, reimburse termasuk ke dalam salah satu hak pekerja.

Jadi, ketika ada keperluan mendadak yang mengharuskanmu mengeluarkan uang pribadi, kamu bisa mengajukan reimburse. Tentu saja, perusahaan akan mengganti uang yang telah kamu keluarkan.

Hal yang Bisa Di-reimburse

Namun, perlu kamu ketahui, tidak semua hal bisa kamu ajukan reimburse-nya, lho. Setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing dalam memberlakukan reimburse. Berikut hal yang bisa kamu ajukan reimburse-nya.

1. Penggantian Biaya Operasional

Hal pertama yang bisa kamu ajukan reimburse yaitu penggantian biaya operasional perusahaan. Misalnya, kamu menggunakan pulsa dan internet pribadi untuk keperluan menghubungi klien, membeli perlengkapan kantor, dan sebagainya. Nah, kamu bisa mengajukan reimburse dengan melampirkan bukti pembayaran yang meliputi tanggal pengeluaran, total biaya, serta catatan pengeluaran.

2. Penggantian Biaya Perjalanan

Selanjutnya kamu bisa mengajukan reimburse untuk mengganti biaya perjalanan. Kalau kamu ditugaskan bekerja di suatu tempat, pasti kamu akan mengeluarkan biaya untuk keperluan transportasi dan penginapan. Kamu bisa mengajukan reimburse dengan melampirkan bukti pengeluaran transportasi dan penginapanmu.

Namun, perlu diperhatikan tidak semua perusahaan menerapkan reimburse untuk ini. Pasalnya, ada perusahaan yang memang sudah memberikan tunjangan transportasi pekerjanya.

3. Penggantian Biaya Kesehatan

Tidak jarang, beberapa perusahaan mengganti biaya keperluan kesehatan anggota perusahaannya. Mulai dari biaya pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, dan lainnya. Namun, ada perusahaan yang menyediakan fasilitas kesehatan yaitu tunjangan BPJS.

Tips Mengajukan Reimburse

Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengajukan reimburse. Berikut tips mengajukan reimburse.

1. Persiapkan Dokumen

Hal pertama yang harus kamu siapkan yaitu dokumen pendukung. Dokumen bisa berupa bukti pembayaran, invoice, dan sejenisnya. Jadi, pada saat mengajukan reimburse, kamu bisa melampirkan langsung bukti pembayaranmu.

2. Ajukan Reimburse Secepatnya

Usahakan kamu mengajukan reimburse secepatnya. Mengingat, perusahaan juga memerlukan waktu cukup lama untuk memproses reimburse. Hindari menunda pengajuan reimburse, bisa-bisa pengembalian uangmu cair terlambat!

3. Memahami Syarat Reimburse

Perlu diketahui, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam memberlakukan reimburse. Kamu harus memahami persyaratan yang dibutuhkan saat mengajukan reimburse kepada perusahaaanmu.

Nah, berikut artikel mengenai reimburse. Menarik bukan? Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again