1 September 2016

by Yoga Wisesa

Apa Itu Robot Wars?

Setelah melewati enam epsiode dan menyelesaikan sembilan pertandingan, tim Apollo sukses menyingkirkan Carbide di babak grand final.

Sempat muncul di BBC di akhir tahun 90-an sampai 2005, game show Robot Wars terlahir kembali di bulan Juli kemarin, dengan arena, robot dan presenter baru. Episode pertamanya jadi trending topic di Twitter, ditonton oleh dua juta orang lebih - berhasil mengalahkan jumlah pemirsa Top Gear episode terbaru yang tayang di jam serupa beberapa minggu sebelumnya.

Sesuai judulnya, Robot Wars menyuguhkan pertarungan sengit antara robot yang dikendalikan oleh tim operator di dalam arena tertutup. Hampir segala jenis senjata fisik diperbolehkan, kecuali teknik sabotase radio, cairan, api, listrik bertegangan tinggi, proyektil, dan laser di atas 1-miliwatt. Kemudian berat robot tidak boleh melewati 100kg.

Ada beberapa kondisi penyebab kekalahan, antara lain: robot tidak bisa bergerak selama 10 detik, keluar dari arena, atau terjatuh ke lubang. Jika syarat itu belum terpenuhi, juri akan menentukan pemenangnya, berdasarkan gaya, kendali, kerusakan yang dihasilkan serta jumlah serangan. Selama game show ini berjalan, sejumlah peraturan turut mendapatkan perubahan dan modifikasi.

Di seri revival ini, beberapa robot klasik kembali hadir, misalnya Storm II, Razer, serta Behemoth. Mereka tentu saja memperoleh upgrade baik pada penampilan, kecepatan gerakan, serta persenjataan. Selain tiga model itu, ada Bonk, Carbide, Kill-E-Crank-E, Nuts, Terrorhurtz dan The General. Arena kompetisi juga menyimpan jebakan-jebakan berbaya, misalnya lubang perangkap sampai ventilasi berapi, lalu pertempuran 'dimeriahkan' oleh kehadiran house robot.

Setelah melewati enam epsiode dan menyelesaikan sembilan pertandingan, di tanggal 28 Agustus lalu Apollo dengan operator Dave Young, Marc Dermott serta Ben Bacon sukses menyingkirkan Carbide di babak grand final. Kemenangan Apollo diputuskan oleh tiga orang juri, yakni Profesor Noel Sharkey, Dr. Lucy Rogers dan Profesor Sethu Vijayakumar. Mereka setuju bahwa Apollo memiliki kemampuan kendali yang luar biasa, agresif, serta membuat banyak kerusakan pada lawan.

Jujur saja, menjelaskan serunya Robot Wars lewat kata-kata tidaklah mudah, dan Anda sangat disarankan buat menyaksikannya sendiri. Sebagai pemanasan, silakan simak highlight dan recap dari masing-masing episode di bawah ini:

Episode 1

Episode 2

Episode 3

Episode 4

Episode 5

Grand Final