Categories

Misc

Apa Itu Root, ROM dan Custom ROM?

Bambang Winarso - 24 April 2014

Sobat TRL yang menggunakan perangkat Android barangkali kerap membaca atau mendengar istilah root, ROM dan juga custom ROM. Istilah-istilah ini memang erat kaitannya dengan perangkat berbasis Android, tapi sebenarnya apa sih definisi dari istilah-istilah tersebut?

Agar jelas dan tidak menimbulkan kebingungan, TRL akan coba ulas secara singkat apa itu root, ROM dan custom ROM.

 

Info Menarik: Bocoran Antarmuka dan Spesifikasi LG G3

 

Root

Definisi root secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Atau disebut juga sebagai akses super user yang merupakan hak akses tertinggi dalam sistem operasi Android. Dengan melakukan root, maka pengguna memegang penuh hak atas akses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android.

Secara default, hak akses penuh tersebut tidak diberikan kepada pengguna bahkan pemilik perangkat sekalipun. Hal ini bertujuan mencegah akses terhadap file-file yang bersifat penting yang dapat mengakibatkan kerusakan apabila disalahgunakan. Resiko terburuk adalah kerusakan sistem secara permanen yang berpotensi merugikan pengguna perangkat.

ROM

Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.

Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.

Custom ROM

Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification).

 

Info Menarik: LG Beberkan Detail Baru G Watch, Hadir Dalam Dua Pilihan Warna dan Anti Air

 

Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.

Itu tadi adalah penjelasan singkat Root, ROM dan Custom ROM. Semoga dapat menambah pemahaman Anda tentang istilah-istilah yang terkait erat dengan Android. Penulis sangat terbuka dengan masukan dan kritikan guna menyempurnakan artikel ini.

Sumber Wikipedia dan berdasarkan pemahaman penulis dari beberapa sumber bacaan lainnya. Gambar header Peter Kirn/Flickr.


This Android Channel brought to you by Baidu. Baidu Browser provides a new mobile browsing experience! Quick, convenient and with more content and resources, Baidu Browser satisfies all your browsing needs. Fast: Exclusive kernel increases browsing speed by 30%; Compact: Lightweight, uses little memory, runs smoothly; Huge resources: Quickly access the content, news and images you’re interested in; Free: 100% free to download and use. Download Baidu Browser: link.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter