Glossary

Apa itu Software CRM? Pengertian, Manfaatnya untuk Bisnis

Aplikasi CRM terbaik memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan, email, panggilan telepon, dan perkiraan saluran penjualan yang terkait dengan catatan klien di database Anda.

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi dalam sebuah sistem informasi calon pelanggan dan pelanggan yang terintegrasi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal dalam rantai bisnis perusahaan.

Apa itu Aplikasi CRM?

Aplikasi Customer Relationship Manager (CRM) adalah Software yang memungkinkan sebuah bisnis mengelola interaksi dengan pelanggan di satu tempat atau satu system yang terintegrasi. Dengan melacak informasi seperti tanggal terakhir kontak dan kemungkinan menghasilkan kesepakatan bisnis dan penjualan, bisnis yang menggunakan CRM  terpusat ini dapat meningkatkan pengalaman dan layanan pelanggan, dan pada tahap selanjutnya meningkatkan penjualan. Fitur dasar yang khas termasuk integrasi email, catatan kontak, tugas, pengingat, perkiraan penjualan, dan pelaporan.

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi CRM?

Pada intinya, CRM membantu perusahaan membangun hubungan. Semakin baik hubungannya, semakin banyak pelanggan yang menyukai Anda dan kemungkinan besar akan membeli dari Anda. Aplikasi CRM membantu Anda mengelola prospek (leads), melacak interaksi, dan menyederhanakan proses penjadwalan. Ini juga menyederhanakan upaya email marketing dan membantu perusahaan menafsirkan data pelanggan. Mungkin salah satu manfaat terbesar menggunakan Aplikasi CRM adalah membantu bisnis tetap berada di depan pelanggan dengan cara yang metodis sehingga tidak ada hal penting yang terlewatkan.

Berapa Biaya Aplikasi CRM?

Harga CRM bervariasi sesuai dengan berapa banyak fitur yang mereka tawarkan. Beberapa menawarkan paket gratis, tetapi cakupannya akan selalu terbatas. CRM yang terkenal dan tangguh seperti Salesforce dapat menghabiskan biaya ratusan dolar per pengguna per bulan untuk pilihan premium. Fitur tambahan yang dibuthkan dan ditambahkan biasanya harus menambah biaya tambahan seperti untuk mendapat lebih banyak kuota email marketing, otomatisasi, pelaporan ekstensif, dan bahkan hosting video, dan beberapa hal lainnya dalam membangun customer experience.

Kapan Seharusnya Bisnis Menerapkan Aplikasi CRM?

tidak semua bisnis bisa langusng berangganan aplikasi CRM yang cukup mahal, tapi ada juga bisnis yang terlambat menerapkan CRM meski mereka mampu, beberapa hal yang perlu Anda tahu bahwa perusahaan Anda siap untuk CRM ketika:

  • Anda kehilangan data tentang klien Anda, atau memiliki begitu banyak informasi sehingga Anda tidak dapat menggunakannya secara efektif.
  • Anda perlu melacak bagaimana kinerja tenaga penjualan Anda.
  • Anda perlu menghemat waktu dengan otomatisasi (kampanye email, mencatat panggilan telepon, dll.).
  • Layanan pelanggan Anda harus proaktif dan tidak reaktif.
  • Anda perlu dengan mudah berbagi informasi antar departemen (seperti penjualan hingga pemasaran).
  • Anda menginginkan layanan pelanggan yang lebih personal.
  • Perusahaan Anda belum melihat banyak pertumbuhan akhir-akhir ini.

Apa yang Membuat Aplikasi CRM Bagus?

Sebelum memutuskan memilih aplikasi atau software CRM yang ingin anda gunakan sebaiknya terlebih dahulu perlu memperhatikan beberapa hal. Inilah yang harus dicari dalam Aplikasi CRM yang baik:

  • Ini melacak riwayat kontak yang Anda miliki dengan prospek Anda sehingga Anda tidak melewatkan apa pun, dan Anda tahu apa yang terjadi dengan setiap klien.
  • Ini memiliki opsi seluler fungsional sehingga Anda dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan di jalan.
  • Itu menambang dan menganalisis informasi sehingga Anda tahu bagaimana membuat keputusan bisnis yang baik.
  • Anda dapat menyesuaikan fitur agar sesuai dengan kebutuhan unik bisnis Anda.
  • Ini sederhana dan mudah digunakan; jika CRM terlalu rumit, orang tidak akan mendapatkan hasil maksimal darinya.

Aplikasi CRM terbaik memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan, email, panggilan telepon, dan perkiraan saluran penjualan yang terkait dengan catatan klien di database Anda. Ini meminimalkan risiko tugas, janji temu, dan catatan terlewatkan, yang dapat mengganggu kesuksesan penjualan Anda. Ada banyak pilihan untuk menemukan perangkat lunak CRM yang paling sesuai dengan cara Anda bekerja, dan sesuai anggaran Anda.

Beberapa rekomendasi Aplikasi CRM terbaik yang bisa anda pertimbangkan untuk dipakai dalam menjalankan bisnis anda dapat anda dilihat di halaman berikut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter