Categories

Mobile

Mengenal Lebih Jauh Aplikasi Pesan Instan, Viber

Menggali lebih dalam apa itu Viber, bagaimana sejarah pengembangan dan juga fitur utamanya

Bambang Winarso - 9 June 2016

Viber, bagi Anda yang sedang atau sudah beralih ke perangkat Android pastinya pernah atau mungkin malah sedang menggunakan aplikasi ini. Di antara kepungan sekian banyak aplikasi pesan dan panggilan VoIP, Viber merupakan salah satu aplikasi yang punya fitur paling lengkap. Apa yang dipunyai oleh WhatsApp ada di Viber, apa yang dipamerkan oleh BlackBerry Messenger juga ada di Viber. Yang terbaru, Viber menambahkan fitur mengirim uang via Western Union dan rekening bank. Fitur yang masih digodok oleh Facebook.

Viber dapat mengirim pesan teks dan juga melakukan panggilan gratis

Jadi, sebenarnya apa itu Viber? Viber adalah aplikasi pesan instan dan panggilan VoIP untuk perangkat ponsel pintar berbasis Android, iOS, BlackBerry, Mac, Windows dan Windows Phone.

Dengan Viber pengguna tidak hanya sekadar dapat saling berkirim pesan, tapi juga diimbuhi dengan fitur pengiriman gambar, foto, video dan stiker. Viber Media selaku pengembang bahkan memberikan keleluasaan kepada pengguna yang ingin mengirim pesan teks sepanjang 7.000 karakter. Di Viber, pengguna juga dapat melakukan panggilan secara gratis.

Dengan Viber, pengguna juga bisa mengirim stiker dan panggilan video

Sejarah Viber

Dikutip dari Wikipedia, Viber pertama kali dikembangkan oleh pengembang asal Israel dan Belarusia, Talmon Marco, Igor Magazinnik, Sani Maroli dan  Ofer Smocha. Nama pertama, Talmon Marco didaput sebagai CEO waktu itu. Debut perdana Viber terjadi pada tahun 2010, tepatnya pada tanggal 2 Desember di platform iOS untuk iPhone.

Setahun kemudian, yakni pada bulan Mei 2011 Viber merambah platform Android tetapi baru tersedia untuk kalangan sebanyak 50.000 pengguna. Pengembang membutuhkan waktu setahun lebih sebelum akhirnya merilis versi finalnya ke publik. Pada tanggal 19 Juli 2012, pengguna Android di seluruh dunia sudah bisa menjumpai Viber di Play Store tanpa dibatasi. Dalam rentang waktu setahun itu, Viber menyempatkan merilis versi lain untuk BlackBerry dan Windows Phone.

Di versi-versi awal, Viber hanya menghadirkan fitur panggilan suara untuk Android dan iOS. Baru pada bulan September 2012, panggilan suara dan pesan grup dihadirkan ke Windows Phone. Tetapi kala itu baru terbatas untuk perangkat Nokia dikarenakan adanya kerjasama antara Viber dan Nokia. Baru pada bulan April 2013 fitur tersebut benar-benar dapat dipergunaka di seluruh perangkat Windows Phone 8 yang kompatibel.

Tak lama berselang setelah itu, Agustus 2013 Viber menyatakan dukungannya untuk Linux kendati baru publik beta. Setahun berselang versi finalnya dirilis ke publik.

Fitur-fitur Utama Viber

Melengkapi apa yang sudah disinggung di awal perjumpaan, Viber mempunyai beberapa fitur utama yang jadi andalan. Antara lain:

  • Mengirim pesan teks, foto, suara, video, lokasi dan berkas.
  • Panggilan suara dan video
  • Kumpulan stiker
  • Obrolan grup hingga 200 anggota
  • Menghapus pesan yang sudah terkirim
  • Lintas platform, Viber mendukung tablet Android, Android Wear, PC, Linux, Mac, iPads dan Apple Watch.
  • Enkripsi end-to-end
  • Obrolan tersembunyi
  • Viber Games di mana Anda dapat bermain game bersama teman
  • Public Chats

Akuisisi Viber oleh Rakuten

Sejak 13 Februari 2014 sampai sekarang, Viber berada di bawah bendera Rakuten setelah raksasa Jepang itu resmi membelinya seharga $900 juta atau setara dengan Rp 12 triliun kurs saat itu. Beberapa saat sebelum pengumuman akuisisi dirilis, beredar banyak spekulasi terkait penjualan Viber. Nama Tencent – perusahaan pengembang WeChat sempat diisukan tertarik membeli Viber, namun dengan nominal hanya $400 juta. Mungkin perbedaan nominal yang cukup jomplang itulah yang membuat Talmon Marco berpaling ke Rakuten.

Di tangan Rakuten, Viber menjelma menjadi kekuatan baru di Asia, mendampingi Line, KakaoTalk dan WeChat yang juga berasal dari rumpun yang sama. Di bawah bendera baru, Viber punya modal yang kuat untuk terus bersaing dan bertumbuh. Sejauh ini, Viber telah melahirkan sejumlah inovasi. Antara lain fitur enkripsi end-to-end, menghapus pesan terkirim, publicchats, dukungan karakter teks yang lebih banyak dan teranyar dukungan gif dan pengiriman uang via Western Union.

Referensi Wikipedia, Viber, Play Store

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter