1. DScovery

Apa itu WFH" Pengertian dan Tips agar Tetap Produktif di Rumah

Kamu berencana ingin WFH tapi takut jika tidak produktif? Simak tips berikut agar kamu tetap produktif meski di rumah.

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir membawa begitu banyak perubahan di kehidupan manusia. Salah satu perubahannya adalah orang-orang terbiasa untuk menjaga jarak fisik atau biasa disebut physical distancing.

Physical distancing memang menjadi salah satu protokol kunci untuk menekan penyebaran Covid-19. Setiap orang harus menerapkannya pada berbagai kegiatan yang mengharuskan mereka bertemu dan berkumpul dengan orang banyak, tak terkecuali saat bekerja. Maka dari itu, banyak perusahaan yang kemudian mencari cara agar tetap dapat beroperasi seperti biasa tanpa melanggar aturan jaga jarak, yakni dengan menerapkan WFH.

Lantas, apa yang dimaksud dengan WFH? DailySocial.id akan menjelaskan secara lengkap berserta tips jitunya agar tetap produktif di rumah.

Pengertian WFH

WFH merupakan kepanjangan dari Work From Home, yakni sebuah konsep di mana karyawan dapat bekerja dari rumah tanpa harus pergi ke kantor. Konsepnya, WFH memaksimalkan penggunaan internet dan teknologi untuk mendukung aktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaan secara jarak jauh.

Konsep WFH sendiri sebenarnya sudah ada sejak revolusi industri 4.0 dimulai, di mana mesin dan teknologi canggih dengan konsep otomatisasi sudah diandalkan dalam proses produksi barang serta segala kebutuhan dapat dipenuhi melalui digitalisasi. Istilah WFH semakin populer sejak adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang melakukan jaga jarak sebagai upaya menghentikan penyebarannya.

Meski kini kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, namun masih banyak orang yang tetap memilih WFH dikarenakan berbagai alasan. Beberapa bidang pekerjaan seperti IT, penulis, software engineer dan lainnya nyatanya masih memungkinkan untuk melakukan WFH secara permanen. Bahkan, kini WFH sudah arti yang lebih luas, di mana pekerjaan tidak hanya dapat dilakukan di rumah, tetapi juga di mana saja.

Tips Jitu Agar Tetap Produktif Selama WFH

Ilustrasi WFH / ©Freepik

1. Sediakan Tempat yang Nyaman dan Kondusif

Tidak semua orang memiliki ruang kerja khusus di rumah. Kamu bisa menggunakan tempat mana pun di rumah sebagai tempat kerja, asalkan tetap nyaman dan kondusif.

Ruangan yang terlalu ramai tidak ideal dijadikan sebagai tempat kerja karena berpotensi akan merusak konsentrasimu selama bekerja. Selain itu, kamu juga perlu memastikan tempat kerjamu memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik agar kamu dapat bekerja secara optimal.

2. Pastikan Internet dan Perangkatmu Memadai

Agar kamu dapat tetap produktif selama WFH, kamu perlu memastikan internet dan perangkat yang kamu gunakan sudah memadai. Pastikan koneksi internetmu cukup bagus, karena kelancaran WFH sangat bergantung pada hal tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan perangkat kerja yang dapat mendukung produktivitasmu. Kamu juga perlu memastikan memiliki perangkat pendukung lain yang dapat kamu butuhkan sewaktu-waktu, misalnya ketika ada pemadaman listrik mendadak dan lain sebagainya.

3. Buat Jadwal dan Rencana Alur Kerja

Hal lain yang penting diperhatikan saat WFH adalah membuat jadwal dan alur kerja yang sama seperti di kantor. Salah satu tantangan terbesar WFH adalah suasana rumah yang nyaman, yang terkadang justru memicu keinginan untuk bermalas-malasan.

Agar tetap semangat, kamu bisa menyesuaikan jadwal kerjamu sesuai jam kerja pada umumnya. Jangan lupa juga untuk membentuk jadwal harianmu mulai dari bangun tidur, sarapan, waktu bekerja, hingga waktu untuk beristirahat. Jadwal yang teratur akan membantumu tetap produktif meski bekerja di rumah.

. Luangkan Waktu untuk Beristirahat dan Bersosialisasi dengan Keluarga ataupun Teman

Meski terlihat lebih fleksibel, WFH bukan berarti kamu tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Jangan lupa meluangkan waktu untuk istirahat di tengah padatnya jam kerja. Istirahat dapat membuatmu lebih rileks dari penatnya pekerjaan.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahatmu untuk bersosialisasi dengan anggota keluarga maupun temanmu. Salah satu kekurangan WFH adalah kamu tidak dapat berinteraksi langsung dengan orang lain seperti yang biasa dilakukan di kantor. Maka dari itu, agar kamu tidak kesepian, jangan lupa luangkan waktu untuk bersosialisasi meskipun hanya sekedar mengobrol dengan orang lain.

Nah, meski dilakukan secara jarak jauh dari rumah, jangan biarkan WFH mengurangi produktivitasmu. Kamu tetap bisa menjaga produktivitasmu dengan menerapkan tips-tips di atas. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk bekerja secara WFH?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again