1 November 2013

by Iqbal Farabi

Apa Saja Fitur-Fitur Baru Android 4.4 Kitkat?

Para penggemar Android pastinya sudah mengetahui kabar mengenai rilis Nexus 5 yang hadir dengan sistem operasi Android terbaru yakni versi 4.4 Kitkat. Sebagian pembaca mungkin bertanya-tanya, apa saja fitur-fitur baru yang hadir pada versi terbaru si robot hijau (atau barangkali sesuai versi Kitkat, robot coklat) ini?

Mengusung slogan "smart, simple, and truly yours", fitur pertama yang diangkat oleh Android 4.4 Kitkat adalah fitur voice search. Meski sudah agak lama memiliki fitur pencarian dengan suara, pada iterasi terbaru ini Google mengimplementasikan aplikasi voice search sebagai aplikasi yang bisa diakses dengan panggilan saja, tanpa harus menyentuh perangkat sama sekail. Cukup dengan mengucapkan "Ok Google", maka aplikasi siap untuk melakukan pencarian yang Anda perintahkan.

Selanjutnya perubahan yang cukup mendasar dilakukan di dua fungsi utama ponsel: panggilan telepon dan pesan. Pertama, Google mendesain ulang fitur pengelolaan kontak dengan menampilkan kontak berdasarkan prioritas sesuai dengan kontak mana yang sering dihubungi oleh pengguna. Lebih jauh lagi, pengguna bisa melihat kontak yang berada di dekat pengguna bahkan hingga nomor telepon tempat-tempat dan lokasi bisnis terdekat. Demikian juga saat menerima panggilan telepon, jika pengguna mendapatkan panggilan dari nomor yang belum tersimpan di daftar kontaknya, Google akan mencoba mencocokkan nomor tersebut dengan nomor-nomor entitas bisnis yang terdaftar di Google Maps.

Untuk pesan, seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, Google akhirnya menyatukan semua pesan keluar dan masuk pada Android 4.4 Kitkat melalui aplikasi Hangouts. Tambahan lainnya pada pengelolaan pesan adalah fitur emoji yang kini hadir langsung di aplikasi keyboard bawaan Android.

Pada bagian produktivitas, Google menambahkan dukungan untuk memungkinkan pengguna mencetak dokumen dengan printer langsung dari ponselnya. Saat ini Google mendukung printer-printer yang bisa tersambung dengan Google Cloud Print, HP ePrint, serta printer-printer yang memiliki aplikasi khusus di Google Play. Selain urusan cetak mencetak, urusan mengolah dokumen juga didukung penuh dengan aplikasi Quick Office yang kini disematkan dalam paket sistem operasi Android 4.4 Kitkat.

Di luar fitur-fitur tadi, Google juga memberikan beberapa perubahan lain seperti dukungan multitasking yang lebih cepat serta menampilkan cover art pada lock screen saat aplikasi pemutar musik dijalankan. Penasaran ingin mencoba Android 4.4 Kitkat? Sayangnya untuk saat ini Android 4.4 Kitkat baru hadir di perangkat Nexus 5 saja. Perangkat-perangkat seperti Nexus 4, 7, 10, Samsung Galaxy S4 Google Edition dan HTC One Google Edition baru akan menikmatinya dalam beberapa pekan ke depan. Jadi, sementara waktu, Anda bisa melihat-lihat dulu fitur-fitur lengkap Android 4.4 Kitkat pada tautan ini.