Categories

Gadget

[Rangkuman] Apa Saja yang Sudah Smartfren Siapkan Menjelang Lebaran 1436 Hijriah?

Yoga Wisesa - 13 July 2015

Saat-saat menjelang Hari Raya besar seperti Idul Fitri ini merupakan waktu di mana kapabilitas jaringan operator diuji. Dan bagi sejumlah nama, tantangan tersebut ditambah lagi oleh upaya menyebarluaskan 4G LTE ke pelosok tanah air. Dan seperti biasa, Smartfren berusaha meyakinkan kita bahwa apapun yang terjadi, mereka selalu siap memberikan layanan terbaik.

Di akhir minggu kemarin, Smartfren mengumumkan informasi mengenai kesiapan network mendekati momentum Lebaran. Setidaknya ada empat strategi yang mereka ambil: melingkupi blind spot, meminimalisir masalah jaringan, mengurangi dampak kepadatan traffic, serta tentu saja, mendongkrak kualitasnya. Buat elemen terakhir ini, Smartfren mengoptimalkan infrastruktur pada area-area berpotensi high-traffic.

Di sisi kecukupan kapasitas, kemampuan base transceiver station (BTS) telah diperkuat rata-rata 30 sampai 40 persen, khususnya di pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi. Tim Smartfren menargetkan tingkat kesiapan serta kehandalan mencapai 99,85 persen. Mereka juga mengawasi network secara intensif, "7x24 jam, ditambah ketersediaan cadangan dan reaksi cepat penanganan gangguan."

Info menarik: Smartfren Siap Hadapi Lonjakan Traffic Saat Momen Lebaran

Sejak awal bulan Puasa, Smartfren sudah mengaktifkan tujuh kantor regional di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Malang. Para staf profesional dibekali kendaraan operasional yang siap bergerak ketika gangguan terdeteksi. Kendali operasional penanggulangan jaringan sendiri secara keseluruhan ditangani oleh network operations center (NOC), berpusat di kota Jakarta dan Surabaya, serta ditopang 120 equipment management system di seluruh wilayah.

Peta lengkapnya dapat Anda lihat di bawah.

Smartfren juga memperlihatkan peta antisipasi lalu lintas pada puncak Idul Fitri 2015, khususnya di area pulau Jawa dan Bali.

Momen Ramadhan di tahun ini ternyata juga menjadi satu pencapaian membanggakan untuk perusahaan yang dinahkodai CEO Paul Hodges tersebut, karena SKLO (Sertifikat Kelayakan Operasi) 4G LTE telah mereka dapatkan. Belum lama, smartfren mengawali layanan 4G LTE di Batam bersamaan dengan empat operator lainnya. Rencana selanjutnya adalah menggelar kampanye dan peluncuran fasilitas 4G LTE di kota-kota lain di Indonesia pada semester kedua 2015 - berpedoman dari wilayah jaringan CDMA Smartfren.

Info menarik: Smartfren: 4G/LTE Akan Berperan Besar Memajukan Industri Mobile Game Lokal

"Smartfren bangga menerapkan 4G LTE dan akan terus menyuguhkan layanan mobile broadband tersebut di beberapa kota lain," tutur Hodges di press release. "Kami juga sudah menyediakan ekosistem 4G LTE, [sehingga] tidak terbatas pada jaringan saja, namun termasuk kehadiran bemacam-macam device bagi konsumen. Contohnya smartphone dan router mobile Wi-Fi 4G LTE, yang ditawarkan di harga terjangkau."

Pada bulan Juni kemarin, ada lima model smartphone Andromax 4G LTE yang Smartfren perkenalkan ke publik. Mereka ialah Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec dan Andromax Es. Buat tipe Mi-Fi sendiri, Smartfren melepas dua perangkat, yaitu Andromax M2P dan Andromax M2Y.

Di sisi harga, kita sama sekali tak perlu cemas. Smartfren membanderolnya secara terjangkau, hanya Rp 400 ribu, berisi bonus paket data sebesar 4,5GB dan tambahan 19GB per satu bulan dengan minimum pengisian pulsa Rp 100 ribu. Ingin menggunakannya bersama kawan-kawan ataupun anggota keluarga? Jangan khawatir, unit mobile Wi-Fi Smartfren bisa membagi akses hingga 32 perangkat.

Selain itu, Smartfren tidak lupa menyajikan promo Double Kuota spesial periode Ramadhan. Ia langsung diperoleh begitu Anda membeli Paket Silver - minimal Rp 60 ribu. Double Kuota berlaku dari tanggal 1 Juni sampai 30 Juni 2015 khusus untuk paket My Smartplan. Bonus bisa diraih lewat hasil aktivasi semua channel, semisal SMS, portal web, serta aplikasi My Smartplan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter