Categories

Feature

Apa yang Saya Pelajari dari Kesepakatan Media Digital Terbesar di Indonesia

Ideosource menginisiasi dan memfasilitasi MediaCorp dan KLN sebagai perjanjian media digital dengan nilai terbesar di Indonesia, ini hal yang bisa kita pelajari

Guest Post - 12 May 2015

MediaCorp resmi membeli 52% saham KapanLagi. Kami telah mengusahakan kesepakatan ini sejak satu tahun ke belakang. Raksasa media yang berbasis di Singapura, MediaCorp, berinvestasi sebesar 52% di KLN Group (KLN), salah satu perusahaan media online yang terbesar dan paling sukses yang berbasis di Indonesia. Peran kami termasuk memetakan industri internet Indonesia bagi investasi potensial, memilih fokus industri, mencari kandidat potensial yang akan menerima investasi, menegosiasikan syarat-syarat investasi serta mempersiapkan segala sesuatunya. Ideosource kini memiliki hak kepemilikan saham atas perusahaan serta kepentingan yang sama dengan MediaCorp & KLN untuk menumbuhkan berbagai investasi strategis di lingkup media digital.

MediaCorp, grup perusahaan media komersil asal Singapura, dengan berbagai lini bisnis mencakup televisi, penyiaran radio & media interaktif. Sebagai media penyiar dan penyedia terbesar di Singapura, MediaCorp mengelola 7 saluran televisi dan 13 saluran radio dan juga merupakan satu-satunya penyiar TV terestrial di negara tersebut.

Di Indonesia, KLN merupakan satu-satunya media digital mandiri yang bukan merupakan bagian dari grup media, yang seharusnya merupakan sesuatu yang ditelusuri Temasek. Dengan pageview kombinasi yang mencapai lebih dari 1 miliar per bulan, pertumbuhan KLN menakjubkan dan mereka tengah mencari mitra strategis untuk menjadi media digital terbesar di Indonesia.

Steve Christian dan Eka Wiharto merupakan pendiri awal KLN. Steve adalah seorang ahli teknologi serta seseorang yang membayangkan akan seperti apa KLN ke depannya. Keahlian bisnis Eka merupakan salah satu yang membuat segalanya terlihat mudah dan praktis. Dengan penggabungan KapanLagi dan Fimela, Bernhard Subiakto (Ben) & Dian Muljadi masuk sebagai co-founder. Ben membawa masuk kemampuan pemasaran untuk menumbuhkan pemasukan KLN dan Dian menawarkan jaringannya yang luar biasa luas. Sugiono Wiyono berinvestasi di kedua perusahaan sehingga Kapanlagi-Fimela dapat digabungkan. Dengan visi untuk menjadi media digital terbesar di Indonesia, gabungan antara kepemimpinan, keterampilan, dan semangat kewirausahaan memang perlu untuk dimiliki oleh para pendiri dan sumber daya keuangan yang disediakan oleh investor. Kemitraan ini seharusnya mencerminkan kebebasan yang dapat digunakan para wirausahawan untuk mencapai tujuan ini.

MediaCorp dengan kepemimpinan media regionalnya mampu menyediakan akses pasar kepada para pengiklan multinasional dan sumber daya keuangan  yang dapat membuat perusahaan untuk menjadi lebih dari pemimpin media digital di Indonesia. Dengan kepemimpinan merk regional tersebut, kemitraan MediaCorp & KLN akan memperkuat posisinya sebagai media mandiri sambil mengembangkan perusahaan dengan didukung oleh sumber daya MediaCorp.

Peran Ideosource termasuk memetakan industri internet Indonesia bagi investasi potensial, memilih fokus industri, mencari kandidat potensial yang akan menerima investasi, menegosiasikan syarat-syarat investasi serta mempersiapkan segala sesuatunya.

Ideosource kini memiliki bagian dalam KLN yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan bersama-sama sehingga kita dapat mengambil semua manfaat kapanpun opsi kami dijalankan.

Pelajaran 1. Bayangkan Kisah Anda

Kisah ini dimulai sebagai sebuah undangan untuk melakukan presentasi di Consumer Tour Golden Sach di Indonesia. Diundang untuk memetakan lansekap internet Indonesia, kami memetakan potensi pasar Indonesia khususnya industri vertikal yang akan menghasilkan perusahaan miliaran dolar dalam tiga tahun ke depan, termasuk media digital, e-commerce dan pembayaran.

Temasek sudah aktif berinvestasi di bisnis konsumen di Indonesia, dan kini mereka tengah mencari investasi potensila di bidang internet. Media digital telah mencapai arus adopsinya dan pengiklanan digital tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, jadi saya merekomendasikan mereka untuk mempertimbangkan investasi media digital. Karena Temasek memiliki MediaCorp secara utuh, fokus dari industri ini akan menjadi strategi yang sempurna bagi mereka.

Pendekatan kami adalah berfokus kepada industri dan memperhatikan lansekap pasar. Dengan membandingkan antara industri di Indonesia dengan pasar yang lebih matang seperti Amerika Serikat, kami menemukan bahwa ad potensi untuk berinvestasi di media digital. Dan dengan memahami rantai nilai industri, kami melihat kisah bagi integrasi rantai nilai potensial. Dan Ideosource kini memperbanyak model investasi bagi berbagai industri vertikal seperti e-commerce, teknologi keuangan dan banyak lainnya.

Pelajaran 2. Tidak Ada Pernikahan tanpa Kecocokan & Kepercayaan

Pada pertemuan awal, para pendiri KLN mempertimbangkan bahwa hal ini merupakan sesuatu yang mustahil untuk dilanjutkan karena KLN tengah dalam pembicaraan untuk kemitraan dengan grup lain. Saya lalu memiliki kesempatan untuk berbi ara dengan para pendiri untuk menangkap aspirasi mereka masing-masing. Logikanya, kemitraan dengan mitra lokal akan sangat baik, namun, hal tersebut bisa saja gagal terwujud karena aspirasi salah satu pendirinya tidak tercapai. Tanpa adanya kepercayaan pribadi, sangat sulit untuk mendapatkan aspirasi perseorangan dari para pendiri tersebut.

Melalui beberapa pertemuan dan diskusi, kepercayaan dan kecocokan antara MediaCorp dan KLN mulai terbentuk. Hal ini merupakan dasar dari mengapa kedua pihak memiliki visi dan kepercayaan bahwa kemitraan ini akan mengangkat KLN sehingga perusahaan tersebut dapat menjadi pemain tingkat regional/global.

Pelajaran 3. Pikirkan Aspirasi Semua Pihak

Arah strategis bagi Temasek dan MediaCorp adalah untuk memasuki pasar terbesar di Asia Tenggara, Indonesia. Tanpa pengetahuan, akses, dan sudut pandang lokal, akan sangat sulit bagi mereka untuk dapat memasuki pasar karena ada kebudayaan, bahasa, dan kepercayaan yang harus ditaklukkan. Jika seorang pengusaha lokal melakukan hal ini, maka ia akan dapat menyediakan dukungan keuangan yang kuat dan akses ke tingkat regional.

Bagi para pendiri/pengusaha, KLN telah membangun kerangka yang cukup kuat untuk dapat menantang raksasa media digital lainnya di Indonesia. Dan aspirasi terbesar mereka, yaitu untuk menjadi pemain regional/global, hanya dapat diperoleh melalui kemitraan strategis dan bantuan dari MediaCorp.

Pelajaran 4. Miliki Gairah terhadap Kesepakatan & Bersikap Adil pada Semua Orang

Kami memutuskan bahwa tidaklah bijak untuk menempatkan investor potensial sebagai penawar, jadi kita tunggu hingga kecocokan dan kepercayaan muncul, lalu diikuti dengan visi dan kepercayaan bahwa kemitraan tersebut akan menguntungkan semua orang. Bekerja murni dengan sudut pandang keuangan akan merusak kemitraan di masa mendatang karena kedua pihak hanya akan melihat kesepakatan dari satu sudut pandang saja. Ideosource menempatkan diri sebagai penengah yang menambahkan nilai dan membawa rencana kesepakatan dimana semua pihak menang. Ketika masing-masing pihak melihat potensi dan hasil dari kemitraan di masa mendatang, semua orang akan menjadi bergairah dalam mewujudkan visi ini.

Pelajaran 5. Selaraskan Kepentingan Anda dengan Semua Orang

Merupakan kepercayan kami bahwa KLN dapat menjadi perusahaan besar tidak hanya dalam sejarah internet Indonesia, tapi juga dalam peta dunia. Kisah ini tidak akan terjadi hanya dengan proses organik. Kami percaya bahwa dengan menggabungkan antara pertumbuhan organik dan non-organik, perusahaan akan dapat mencapai potensi maksimalnya. Untuk menyelaraskan kepentingan kita dengan semua orang, Ideosource berinvestasi dalam kemitraan ini bersama dengan para pendiri KLN dan MediaCorp.

Pelajaran 6. Bagikan Kemenangan

Pada kesepakatan yang gagal, ada banyak hal yang salah dalam prosesnya. Untuk mendapatkan kesepakatan yang sukses, ada banyak orang dan proses yang terlibat. Setiap detail berpengaruh. Kami percaya bahwa kesepakatan ini dapat terjadi karena semua pendiri KLN dan MediaCorp memiliki visi dan kepercayaan yang sama.

Saya ingin memberi selamat kepada semua orang di MediaCorp, KLN dan Ideosource yang telah membuat kesepakatan ini tercapai. Mari tulis sejarah bersama!

- Versi asli diterbitkan di halaman Medium penulis dan diterbitkan kembali atas seizin penulis.

Andi S. Boediman adalah Co-Founder dan Managing Partner Ideosource, sebuah venture capital lokal. Ia dapat dihubungi melalui akun Twitter-nya, @andisboediman

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter