Apakah layanan seperti Groupon Now dan GrouponLive akan hadir di Indonesia?

Apakah layanan seperti Groupon Now dan GrouponLive akan hadir di Indonesia?

Groupon
Groupon

Ada dua berita dari Groupon yang muncul dalam beberapa hari ini, yang pertama adalah Groupon Now!, meski layanan ini telah diberitakan setidaknya sejak akhir bulan April, namun baru live beberapa hari yang lalu, satu lagi adalah berita joint venture antara Groupon dan LiveNation yang akan meluncurkan layanan penawaran untuk online ticketing.

GrouponNow! memberikan penawaran yang lebih niche, bukan hanya penawaran kupon diskon perhari tetapi perjangka waktu tertentu, ini memberikan peluang bagi pencari diskon untuk membeli kupon ketika akan makan siang atau waktu-waktu tertentu lainnya, pengguna bisa melihat penawaran dari website atau mobile app. Sedangkan GrouponLive, meski belum tersedia layanannya akan menyediakan penawaran tiket konser / acara musik lokal dengan perpaduan fasilitas Groupon dan LiveNation (Ticketmaster).

Membicarakan Groupon kini berarti membicarakan juga Indonesia, karena Groupon kini telah mengakuisisi Disdus yang masuk untuk melayani pasar Indonesia. Pertanyaannya adalah, apakah dua layanan ini akan juga muncul di Indonesia?

Jawabannya bisa jadi terlalu dini untuk melihat apakah mereka – Groupon, akan meluncurkan layanan ini atau yang mirip dengan Groupon Now! dan GrouponLive juga di Indonesia, karena Groupon Now! baru berlaku di area terbatas di US, sedangkan GrouponLive masih belum jelas bentuk dan penawarannya karena belum rilis, gambaran singkatnya hanya akan memberikan penawaran tiket acara musik dalam waktu terbatas, juga di US.

Terus terang saya sangat berharap Groupon menerapkan juga berbagai strategi yang mereka terapkan di US di Indonesia demi mendorong juga inovasi dari berbagai layanan daily deals – group buying lain di Indonesia yang telah bermunculan dan akan terus bermunculan.

Memang daur hidup layanan daily deals dan group buying di Indonesia terlalu dini untuk dinilai keberhasilannya, meski promosi terus dilakukan yang menandakan modal untuk spending promo besar namun daya tahan bisnis ini masih bisa diperdebatkan karena belum setahun tren layanan kupon diskon muncul di Indonesia.

Namun dengan menjamurnya layanan seperti ini, inovasi dibutuhkan untuk memenangkan persaingan dan menjaga agar masing-masing layanan bisa memberikan nilai lebih, baik bagi merchants ataupun konsumen, dan layanan seperti Groupon Now! dan GrouponLive bisa saja memberikan penyegaran dari hanya sebatas melulu diskon dan hampir sama dengan berbagai layanan sejenis.

Beberapa diantara layanan daily deals memang mencoba memberikan beberapa nilai tambah, seperti komunitas seperti Lapar.com, atau yang fokus pada penyediaan media promosi seperti DealKeren, namun butuh lebih dari hanya pendekatan komunitas atau media promosi bagi merchants, harus ada inovasi dari layanan dasar yang mereka tawarkan.

Tentunya behaviour di Indonesia memang tidak bisa disamakan dengan lingkungan konsumen Groupon di US, harus ada pendekatan lokal yang dilakukan Groupon dan layanan lain untuk menghasilkan inovasi, namun ditengah tren kupon diskon dan juga promosi layanan berbasis lokasi, sepertinya penawaran seperti Groupon Now! bisa mulai diperkenalkan dan diterapkan di Indonesia.

Bisa jadi ini juga merupakan ancaman bagi layanan berbasis lokasi yang menyediakan fasilitas bagi pemilik merchants untuk melakukan promosi (penawaran potongan harga dan mungkin kupon diskon), tetapi menurut saya, layanan daily deals – group buying dan layanan berbasis lokasi, dua-duanya butuh inovasi, terutama untuk ranah lokal.

Pertanyaan tentang apakah berbagai fitur yang dimiliki Groupon di negara asalnya akan juga diterapkan di Indonesia memang masih belum terjawab, dan muncul juga pertanyaan baru tentang apakah layanan sejenis juga akan menjalankan yang serupa atau justru lebih dulu dengan menemukan dan menjalankan inovasi baru. Bagaimana dengan pendapat Anda?

Sumber penjelasan tentang layanan Groupon Now! dari TheNextWeb dan GrouponLive di sini.

[English version for this post]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Analisis
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…