13 February 2014

by Yoga Wisesa

Aplikasi Android Akan Bisa Diakses dari Windows Phone?

Kita mengerti platform Windows Phone masih berada cukup jauh di belakang Android dan iOS. Mereka membutuhkan lebih banyak aplikasi dan dukungan developer jika ingin bisa menyaingi kedua rival besarnya itu. Dan sebuah sumber menyatakan bahwa perusahaan ini cukup serius untuk mempertimbangkan agar aplikasi Android dapat berjalan di platform-nya.

Beberapa alasan muncul soal mengapa Microsoft bisa dibilang hampir tidak mungkin mengalahkan kepopularitasan dua platform kompetitor besarnya itu. Yang pertama adalah iOS: mayoritas developer masih menganggap sistem operasi ini sebagai medium untuk menciptakan aplikasi baru serta ruang bebas melakukan inovasi. Sedangkan keterbukaan platform Android membuatnya sebagai OS dengan perkembangan yang tidak dapat dihentikan.

 

Info menarik: Cegah ‘View Palsu’ YouTube Terapkan Sistem Audit Secara Berkala

 

Tidak sedikit orang yang memberi masukan bahwa sebaiknya Microsoft meninggalkan Windows Phone seluruhnya dan menciptakan versi Android mereka sendiri seperti apa yang Amazon lakukan terhadap Kindle Fire mereka.

Namun tampaknya upaya 'fork' pada Android ialah hal yang sangat sulit. Google tampaknya berusaha mati-matian agar hasil kerja keras mereka tidak dapat diurai. Semakin baru versi Android yang mereka rilis, maka semakin sulit juga di-reverse engineering.

Metode kedua merupakan metode yang lebih mudah dan bersahabat. Seperti updateBlackBerry 10.2.1, alternatif terbaik adalah memberi akses pada pengguna Windows Phone untuk menikmati berbagai aplikasi Android di sana.

Namun masalahnya belum tentu kemampuan menjalankan aplikasi Android di WP membuat nasib Microsoft lebih baik, tapi setidaknya handset ber-WP masih memiliki momentum jual yang cukup tinggi dibandingkan milik BlackBerry. Seperti yang diuraikan oleh TheVerge, Microsoft juga masih merupakan raksasa pemegang layanan server, enterprise dan cloud yang dominan - belum lagi hampir seluruh PC di dunia berjalan di sistem operasi Windows.

Jika mencari contoh, bisa jadi kita dapat melihat apa yang dilakukan Intel dengan mencoba konsep PC dual OS serta AMD yang berkolaborasi dengan BlueStack.

 

Info menarik: Tutorial Instal BBM di Perangkat Android

 

Walaupun dari mata produsen hal tersebut bukanlah sebuah hal yang mudah, tidak berarti user harus bersusah payah untuk mengaksesnya. Bayangkan jika Microsoft menyetujui langkah ini, mereka tinggal membuat metode instal sederhana langsung dari Windows Store. Dan strategi tersebut merupakan cara terbaik untuk kedua kubu - baik konsumen dan produsen.

Jika Microsoft ingin bermanuver lebih lincah, maka dukungan Android dalam OS mereka merupakan sebuah transisi. Target jangka pendek yang harus mereka capai adalah untuk mencegah lebih banyak konsumen mereka berpindah atau memilih ke Android - apalagi dengan layanan cloud yang kian menjamur di platform ini. Namun jika Microsoft berhasil menarik pengguna Android ke Windows Phone, maka itu ialah sebuah awal kemenangan dalam perjuangan panjang mereka.

Sumber berita: The Verge. Gambar header: About.com.