15 October 2018

by Glenn Kaonang

Portal Gaming Facebook, fb.gg, Berekspansi ke Mobile Lewat Aplikasi Android

Statusnya masih beta, dan sayangnya cuma bisa dicoba oleh pengguna di Filipina

Januari lalu, Facebook menyingkap program Gaming Creator Pilot guna menjaring lebih banyak kreator di platform yang mereka siapkan untuk bersaing dengan Twitch dan YouTube Gaming. Program tersebut akhirnya berujung pada lahirnya fb.gg, sebuah portal khusus bagi para pengguna Facebook untuk menikmati video seputar gaming.

Empat bulan sejak peluncurannya, fb.gg – yang namanya diambil dari istilah "gg" alias "good game", yang kerap dijadikan salam pamit para gamer kompetitif – kini sudah siap untuk berekspansi ke ranah mobile. Ekpansi itu diwujudkan melalui perilisan aplikasi Android-nya, yang saat ini masih berstatus beta.

Perlakuan Facebook terhadap portal gaming-nya ini berbanding terbalik dengan yang dilakukan YouTube. YouTube belum lama ini memutuskan untuk menyatukan YouTube Gaming dengan layanan utamanya, sedangkan Facebook memilih untuk merilis fb.gg sebagai aplikasi yang terpisah di mobile.

Facebook tentu punya alasannya sendiri. Salah satunya, fb.gg rupanya juga menawarkan akses ke Instant Games, mempersilakan pengguna untuk memainkan judul-judul seperti Everwing, Words with Friends, Basketball FRVR, dan lain sebagainya langsung dari aplikasi tersebut.

Sayang versi beta dari aplikasi fb.gg ini baru bisa dicoba oleh pengguna perangkat Android yang berada di Filipina. Kepada TechCrunch, Facebook bilang bahwa peluncuran lebih luasnya baru akan diputuskan berdasarkan respon yang mereka terima dari komunitas.

Sumber: TechCrunch.

Application Information Will Show Up Here