Categories

Lifestyle

5 Aplikasi Android Go yang Ringan untuk Smartphone dengan Memori Rendah

Buat smartphone tetap nyaman dengan aplikasi versi ringan dari Android Go

Lukman Azis - 15 March 2018

OS Android dan teknologi pada smartphone memang terus berkembang, namun masih banyak di luar sana yang terjebak menggunakan smartphone entry-level dengan ruang penyimpanan pas-pasan. Semisal memori internal 4GB atau 8GB dan RAM 512MB atau 1GB.

Seiring makin canggihnya aplikasi-aplikasi di Android, mereka juga terlalu rakus resource. Pengguna smartphone budget pun harus, karena aplikasi tersebut menjadi terlalu berat dijalankan dan membuat memori internal smartphone menjadi penuh.

Kalau sudah begitu, salah satu solusinya ialah kita bisa memanfaatkan aplikasi versi ringan yang ditunjukkan untuk platform Android Go. Aplikasi ini lebih ringan hingga 50 persen dari versi biasa, meski sebagian fiturnya dipangkas.

Buat yang belum tahu, Android Go merupakan Android yang telah dimodifikasi supaya bisa berjalan optimal di perangkat berspesifikasi rendah, khususnya yang memiliki kapasitas RAM kurang dari 1 GB. Berikut beberapa aplikasi versi ringan Android Go yang sudah bisa kita coba, untuk hemat memori internal dan juga hemat kuota internet.

1. Google Maps Go

Aplikasi-Android-Go-1

Google Maps Go adalah versi yang lebih ringan dari aplikasi Google Maps asli. Didesain untuk berjalan lancar pada smartphone dengan memori terbatas dan jaringan yang tidak stabil.

Namun tanpa mengurangi kecepatan untuk memberikan info tentang lokasi Anda, lalu lintas real-time, petunjuk arah, serta jadwal kereta, bus, dan transportasi umum kota. Salah satu kelemahannya ialah tidak disertai mode offline, yang pastinya hal ini sangat berguna.

Application Information Will Show Up Here

2. YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi versi ringan dari versi asli YouTube. Dirancang untuk negara-negara yang mempunyai akses internet terbatas dan mahal.

Fitur menarik dari YouTube Go ialah memungkinkan pengguna mengunduh video ke memori untuk ditonton lagi nanti. Dengan begitu, Anda tidak harus menghabiskan kuota hanya untuk menonton video yang sama. Video yang disimpan bahkan bisa juga dibagikan ke teman dekat menggunakan koneksi Bluetooth.

Application Information Will Show Up Here

3. Files Go

Aplikasi-Android-Go-2

Files Go adalah pengelola penyimpanan yang smart dari Google yang didesain untuk membantu mengelola berkas dan mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone guna mempertahankan performa smartphone agar tetap nyaman digunakan.

Cukup dengan beberapa tap, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan dengan lebih cepat dan mudah: Menghapus foto lama, meme dari aplikasi chatting, file duplikat, aplikasi yang tidak digunakan, cache, spam, dan lainnya.

Application Information Will Show Up Here

4. Google Go

Aplikasi-Android-Go-3

Google Go adalah aplikasi penelusuran Google yang lebih ringan dan hemat kuota untuk pengguna smartphone entry-level dengan akses internet terbatas.

Aplikasi ini didasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India. Google Go dibuat agar bisa bekerja lebih cepat di smartphone dengan RAM rendah dan jaringan 2G.

Application Information Will Show Up Here

5. Datally
Aplikasi-Android-Go-34jpg
Tanpa adanya koneksi internet, smartphone tidak lagi ‘smart’. Lewat Datally, Google ingin membantu Anda bisa mengontrol lebih luas terhadap penggunaan data jaringan seluler di smartphone.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghemat konsumsi data, jadi tak ada lagi kasus kehabisan kuota di tengah-tengah bulan.

Application Information Will Show Up Here

Selain lima aplikasi Android Go di atas, Google juga sedang mengembangkan Gmail Go, Google Assistant Go, dan Gboard Go. Untuk saat ini ketiga aplikasi tersebut belum tersedia di Google Play Store region Indonesia, tunggu saja.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id