1. Startup

Aplikasi Android "Indonesia Flight" Diluncurkan Untuk Bantu Turis Domestik Pesan Tiket Pesawat

Indonesia Flight, aplikasi untuk Android yang menggunakan API dari layanan Tiket.com telah diluncurkan. Aplikasi ini, seperti namanya bertujuan untuk membantu para traveller untuk mendapatkan informasi dari jadwal tiket pesawat termasuk harga, dan disediakan pula fasilitas untuk memesan tiket pesawat lewat aplikasi ini.

Aplikasi yang masih dalam versi beta ini diisi data dari Tiket yang menyediakan 6 layanan penerbangan domestik yang menjadi mitra mereka, informasi ketersediaan jadwal dan harga tersedia secara real-time. Menurut rilis pers yang dikirimkan ke DailySocial, engine di belakang aplikasi Indonesia Flight ini juga memungkinkan pengguna untuk membayar langsung dari aplikasi menggunakan KlikBCA & Bank Transfer yang secara langsung bisa membeli tiket. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi panggilan konfirmasi dan tahap manual untuk membeli tiket. Yang tentunya bisa sangat menjengkelkan.

 

Secara umum, aplikasi ini berfungsi dan bekerja secara mulus. Anda bisa mencari jadwal penerbangan, memesannya dan membayar langsung dari aplikasi. Salah satu hal yang menggangu hanyalah spot iklan yang ada di bagian bawah aplikasi. Saya tidak bisa mengerti mengapa ini dilakukan, karena iklan yang ada juga menampilkan kompetitor dari Tiket.com.

Tiket mendapatkan pemasukan dari transaksi yang dilakukan di aplikasi, iklan itu mesti hilang.

Menjadi mengejutkan juga bagi saya bahwa Tiket.com tidak membuat aplikasi resmi mereka dan tidak membuat aplikasi sendiri dengan memasukkan berbagai fasilitas lain seperti beli tiket bioskop dll, dan menamakannya, misalnya Tiket untuk Androi. Aplikasi Indonesia Flight ini dikembangkan oleh pihak ketiga yang menggunakan API dari Tiket.com. Apapun alasannya, Tiket.com butuh untuk meluncurkan sebuah aplikasi dengan fasilitas lengkap seperti yang mereka sediakan di web untuk perangkat mobile. Versi dekstop mereka sangat membantu, langkah selanjutnya harus memindahkan pengalaman dan fungsi yang sama ke aplikasi mobile mereka.

Sejak diluncurkan bulan Mei, Tiket telah mendapatkan penguna baru dengan fasilitas kemudahan yang mereka tawarkan dalam proses membeli tiket, seperti tiket penerbangan, film, konser musik dan hotel. Startup ini juga baru saja dinominasikan dalam ajang INAICTA 2012, kompetisi inovasi teknologi yang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Jika Anda ingin mencoba aplikasi Indonesia Flight bisa mengunjungi link ini dan mengunduhnya secara cuma-cuma lewat Google Play.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again