16 November 2014

by Bambang Winarso

Aplikasi Android Pilihan 10 - 16 November 2014

Populasi aplikasi Android saat ini berada dalam kondisi yang cukup sehat, didukung oleh ekosistem Android dan pertumbuhan perangkat yang terus meroket. Hampir setiap bulan di penjuru dunia yang berbeda bermunculan perangkat-perangkat Android baru dengan harga beragam namun cenderung makin terjangkau.

Seperti biasa di akhir pekan ini TRL akan ulas 5 aplikasi Android pilihan yang dianggap pantas untuk menjadi bintang. Khusus hari ini kita akan banyak membicarakan aplikasi pesan Android yang mendukung komunikasi antar pengguna.

Contact+

Punya banyak akun jejaring sosial memang bukan hal aneh, tapi harus diakui kadang merepotkan harus membuka banyak aplikasi untuk membalas pesan atau merespon komentar di status di sekian banyak layanan. Belum lagi membalas SMS dan pesan chat dari WhatsApp, BBM atau Line.

Tapi Contact+ ini menawarkan hal unik, dimana Anda dapat menggabungkan semua kontak layanan dalam satu aplikasi. Sehingga untuk mengakses setiap layanan atau aplikasi cukup dengan membuka Contact+, tidak perlu repot dan tentu lebih hemat waktu. Apalagi aplikasi ini juga menawarkan semua fitur yang tersedia di hampir semua jejaring sosial dan aplikasi pesan Android.

Download: Google Play - Gratis

 

TextSecure Private Messenger

Keamanan dan privasi tentu harus jadi prioritas, tidak hanya soal perangkat, hampir semua hal-hal pribadi haruslah dilindungi. Nah, TextSecure Private Messenger ini paham betul keamanan dan privasi merupakan hal paling penting bagi pengguna.

Aplikasi ini menawarkan akses komunikasi antar pengguna dengan tingkat keamanan maksimum bahkan data-data di dalamnya tidak dapat diakses oleh server mereka. Isi pesan pun dilindungi dengan kata sandi yang hanya dapat diakses oleh pengguna seorang.

Download: Google Play - Gratis

 

Voxer Walkie Talkie Messenger

Masih ingat dengan cara komunikas lama via walki talkie? Nah, aplikasi pesan Android yang satu ini ingin mengembalikan kenangan lama tersebut dengan menawarkan alat komunikasi dengan gaya walkie talkie jaman dul, bedanya dengan kecepatan yang lebih baik.

 

Info Menarik: Superphone Asus Akan Hadir di Indonesia Sebelum Akhir Tahun

 

Namun konsep walktie talkie aplikasi ini menggunakan jaringan 3G, 4G atau WiFi bukan radio sebagaimana aslinya. Tetapi kelebihannya Anda dapat mengirim pesan teks, foto, audio dan lokasi ke partner yang menggunakan aplikasi yang sama.

Download: Google Play - Gratis

 

Glide - Video Texting

Aplikasi pesan Android berikut ini menawarkan konsep unik, dimana Anda dapat berkomunikasi dengan cara yang berbeda yakni dalam bentuk video, tentu di samping pesan teks. Anda dapat pula menemukan teman-teman baru untuk kemudian diajak bercengkrama lewat pesan video.

Maksimal durasi bisa lebih dari 5 menit, mendukung grup chat dan bisa juga dibagikan ke Facebook dan Twitter bila diinginkan.

Download: Google Play - Gratis

 

CloudMagic

Jika keempat aplikasi sebelumnya lebih ke arah chat, aplikasi yang satu ini mendukung komunikasi lewat email. Fungsi utama Cloud Magic adalah sebagai email client yang mendukung semua layanan email seperti Gmail, Exchange, Yahoo, Outlook, iCloud, Google Apps, Office 365 dan IMAP account.

 

Info Menarik: Setelah Film AADC 2014, Line Hadirkan Stiker AADC 2014

 

Layaknya aplikasi komunikasi email, Anda dapat dengan mudah memonitor pesan email langsung dari perangkat. Begitu juga jika harus mengirim email ke pelanggan atau kerabat, kini tak harus repot menghidupkan PC dan memasukkan sandi.

Download: Google Play - Gratis

Aplikasi-aplikasi untuk berkomunikasi untuk perangkat Android di atas dapat Anda unduh dengan gratis, tetapi beberapa di antaranya menawarkan fitur premium yang dapat di-upgrade bila diinginkan. Silahkan dicoba dan semoga berguna.