20 September 2014

by Bambang Winarso

Aplikasi Android Pilihan 15 - 21 September 2014

Kolom aplikasi Android pilihan memasuki edisi 15 - 21 September, jika dirunut kembali kolom paling populer di TRL ini sudah melewati tahun kedua sejak edisi pertama yang kebetulan rilis di tanggal yang sama 15 - 20 Juli 2013. Saat itu kolom masih bernama aplikasi Android terpilih.

Tak berbeda jauh dengan edisi sebelumnya, minggu ini kita akan mengulas 5 aplikasi Android yang dinilai bermanfaat bagi pengguna khususnya di tanah air. Penilaian lagi dilihat dari rating yang didapat.

Advanced Task Manager - Killer

Aplikasi Android pilihan pertama adalah Advanced Task Manager - Killer, dari namanya Anda barangkali dapat menebak apa kegunaan aplikasi ini. Tak salah lagi, sejumlah fitur di dalamnya disiapkan untuk membantu Anda misalnya mematikan aplikasi berjalan, mengatur fitur otomatis untuk fitur pertama, memblokir aplikasi di startup, mencopot aplikasi yang terpasang, menunjukkan informasi baterai dan termasuk menawarkan fitur antivirus yang didukung oleh Trustlook.

 

 

Info Menarik: Berbagi Informasi di Sekitar Lewat Foto dengan Aplikasi Setura

 

 

Tujuan utama menggunakan fitur-fitur tersebut adalah mendapatkan performa yang lebih baik dari perangkat. Lebih sedikit aplikasi berjalan maka memori jadi lebih ringan, yang artinya perangkat berjalan lebih cepat.

Download: Google Play - Gratis

Booster for Android

Aplikasi kedua ini punya fitur yang hampir sama dengan Advanced Task Manager, namun lebih lengkap dan lebih optimal. Adapun fitur yang ditawarkan:

  • Baterai Manager, kemampuan untuk menghemat umur baterai dengan cara mengoptimalkan pengaturan pencahayaan, penggunaan ringtone, fitur nirkabel dan data.
  • Optimasi perangkat, cukup dengan satu tombol ini pengguna dapat mengatur penggunaan RAM secara efektif.
  • App Manager, fitur ini akan memonitor aplikasi yang berjalan secara realtime, menampilkan resource yang digunakan dan fitur pencopotan aplikasi.
  • Network Manager, memonitor lalu lintar data dan memberikan informasi penggunaannya kepada pengguna secara real time.
  • File Manager, fitur untuk mengelola file melalui fungsi eksplorer.
  • Antivirus, sebagai perlindungan terhadap malware berbahaya.

Download: Google Play - Gratis

Battery Defender

Baterai smartphone mulai boros? Tampaknya Anda butuh bantuan dari aplikasi ini. Fitur di dalamnya mampu memberikan rekomendasi pengaturan yang paling tepat, hanya dengan satu kali tap pengaturan tersebut akan diterapkan ke smartphone. Implikasinya baterai jadi lebih hemat dan tahan lama.

Sederhananya, aplikasi akan mematikan data ketika pengguna sedang tertidur, tetapi Anda harus atur dahulu jam-jam tidur Anda, kemudian melakukan hal serupa ketika baterai perangkat berada dalam kondisi lemah.

Download: Google Play - Gratis

 

 

Info Menarik: Aplikasi iOS Pilihan 15 – 20 September 2014

 

 

All-In-One Toolbox

All-In-One Toolbox memiliki total 29 tool yang ke semuanya menjawab kebutuhan pengguna perangkat Android. Butuh tool untuk meningkatkan performa RAM, performa baterai, file manager, butuh perlindungan anti virus, butuh perlindungan privasi, flashlight atau pun kompas, aplikasi ini menyediakan semuanya. Hebatnya, aplikasi ini ditawarkan gratis sepenuhnya.

Download: Google Play - Gratis

Note Everything

Terakhir ada Note Everything, sebuah aplikasi catatan yang mempunyai banyak fitur. Bukan hanya mendukung ketikan teks dari keyboard, aplikasi juga mendukung catatan berbentuk gambar bahkan suara. Karena tujuannya untuk mempermudah, maka setiap catatan dapat ditemukan dengan mudah di folder khusus atau pengguna dapat membuat shortcut di layar home untuk akses yang lebih cepat.

Download: Google Play - Gratis

Note Everything menutup perjumpaan kita di edisi kali ini, tapi dicatat juga ya, kolom aplikasi Android pilihan akan kembali lagi dengan sejumlah aplikasi-aplikasi pilihan lainnya.