31 May 2014

by Bambang Winarso

Aplikasi Android Pilihan 26 - 31 Mei 2014

Bulan Mei sudah di penghujung, tak terasa kita akan beranjak ke bulan Juni. Bulan demi bulan berlalu dan telah banyak aplikasi pilihan Android yang dipilihkan oleh TRL.

Menemani akhir pekan kali ini, TRL juga siap memilihkan 5 aplikasi Android pilihan bagi Anda para pembaca setia. Anda bisa memilih satu dari sekian aplikasi Android pilihan persembahan TRL minggu ini, semoga pilihan ini juga membantu Anda menemukan aplikasi yang memang dibutuhkan. Berikut aplikasi pilihan untuk minggu ini.

Assistant

Mempunyai asisten sendiri tentu mengasikkan, bisa diminta untuk membantu mengerjakan sesuatu saat kita membutuhkan. Nah, dengan aplikasi Assistant ini, Anda bak mempunyai asisten pribadi namun tak perlu digaji, karena yang Anda butuhkan cuma smartphone Android. Aplikasi ini dapat merespon suara Anda lalu memberikan rekomendasi berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari.

 

Info Menarik: Terlepas dari Masalah Teknis, Watch Dogs Adalah Game Ubisoft Dengan Rekor Penjualan Tercepat

 

Aplikasi secara cerdas mampu menilai dari apa yang biasa Anda cari, tempat favorit, preferensi apapun yang tercakup dalam program aplikasi.

Berdasarkan informasi ini, aplikasi dapat memberikan rekomendasi misalnya tempat nongkrong dengan menghubungkan ke program atau layanan lainnya seperti  Google, Twitter, Facebook, Foursquare, Evernote, Yelp, TripAdvisor, Wikipedia, Chacha, IMDB, Eventful, News360, Amazon, Gmail, Google Images, Google Calendar, Google Maps, Google Navigation dan Waze.

Sayangnya aplikasi ini baru mendukung bahasa Inggris, Spanyol, Rusia, Jerman, Cina dan Portugal. Namun pengembang memastikan segera menambah dukungan bahasa lainnya. Wah, tak sabar nih menunggu rilisnya.

Download: Google Play - Gratis

Homestyler Interior Design

Membangun rumah mulai nol membutuhkan tidak hanya material bangunan tetapi juga rancangan rumah utuh mulai eksterior dan interior. Untuk eksterior mungkin Anda bisa meminta saran dari pekerja atau mencontoh rumah tetangga. Tetapi untuk bagian dalam, Anda tidak boleh sembarangan karena di bagian dalam harusnya mewakili penghuninya.

 

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Daftar Layanan Cloud Dropbox

 

Di sinilah peran aplikasi ini, di mana Anda dapat membuat proyek desain dengan langsung menerapkannya ke dalam ruangan virtual. Aplikasi memiliki fitur pembuatan ruangan virtual 3D dan juga berbagai furnitur, karpet dan hiasan rumah untuk kemudian dapat Anda susun sebagai simulasi desain. Setelah dirasa pas barulah dapat diterapkan ke ruangan rumah Anda nantinya. Jika bingung, jangan khawatir karena aplikasi juga diperkaya berbagai ide desain untuk digunakan sebagai referensi.

Download: Google Play - Gratis

Quip: Documents + Messaging

Aplikasi Quip ini sangat cocok digunakan untuk komunitas atau tim yang terdiri dari beberapa orang yang mengerjakan suatu proyek. Mengapa begitu? Karena Quip menawarkan fitur-fitur yang mendukung pekerjaan sebuah organisasi misalnya fitur membuat dan dan membagikan jadwal, list pekerjaan, jadwal rapat, catatan, daftar belanja bahkan di mana ke semua item tersebut dapat diakses oleh anggota grup.

Fitur pesan juga terintegrasi di dalam aplikasi ini sehingga memudahkan setiap anggota untuk berkomunikasi. Apalagi aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone, tablet dan desktop sehingga tidak ada lagi penghalang waktu dan tempat. Dukungan layanan semacam Dropbox, Evernote, Google Drive dan Google Docs makin memudahkan semua anggota grup untuk mengatur dokumen dan data.

Download: Google Play - Gratis

Polaris Office

Tak ingin berlangganan berbayar Microsoft Office bukan berarti tak bisa membuka dan mengedit dokumen word, excel dan slide karena dengan Polaris Office Anda tetap dapat melakukannya secara gratis. Polaris Office sepenuhnya mendukung semua dokumen yang dihasilkan oleh aplikasi Office-nya Microsoft, bahkan termasuk PDF, TXT dan HWP.

 

Info Menarik: KakaoTalk Versi Mac Telah Tersedia dan Telah Bisa Diunduh

 

Aplikasi ini juga memiliki fitur integrasi ke layanan Google Drive, OneDrive, Dropbox dan WebDAV guna memudahkan pengguna untuk mengakses lebih banyak dokumen secara online. Untuk slide, Polaris Office memiliki 37 efek transisi yang dapat diterapkan, 24 template, 173 bentuk dan 300 lebih fungsi dan perhitungan data.

Download: Google Play - Gratis

Start

Bosan pastinya ya kalau saat membuka smartphone tampilan awalnya itu-itu saja? Aplikasi Start ini punya penawaran yang lebih baik loh, jadi coba "move on" dan mencoba aplikasi ini, setelah itu baru beri penilaian.

Aplikasi ini setelah Anda instal ke smartphone akan menghadirkan tampilan awal tatap muka yang lebih segar. Anda tetap bisa mengakses semua fungsi yang sebelumnya ada di smartphone tanpa terkecuali. Namun sisi tampilan akan dirombak sedemikan rupa sehingga lebih menarik dan tidak membosankan.

Ada ratusan tema dan plugin yang bisa Anda pilih sesuka hati, jika tampilan awal tak cocok di hati. Uniknya aplikasi ini menawarkan fitur di mana Anda dapat membalas pesan singkat, chat dan panggilan tanpa harus melakukan unlock terlebih dahulu. Seru dan berbeda, jika itu yang Anda butuhkan maka Start adalah jawabannya.

Download: Google Play - Gratis

 

Itu dia 5 aplikasi Android pilihan yang menjadi bintang di minggu ini. Silahkan dipilih dan selamat berakhir pekan.