12 July 2015

by Bambang Winarso

Aplikasi Android Pilihan 6 - 12 Juli 2015 "Edisi Mudik ke-2"

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Biasanya mudik dilakukan di hari-hari besar seperti Natal, Lebaran dan libur sekolah. Sebelum menempuh perjalan mudik, biasanya orang mempersiapkan bekal berupa makanan, minuman, pakaian dan obat.

Tapi tak sedikit yang melupakan persiapan dalam wujud digital. Misalnya beberapa nomor-nomor darurat yang berguna apabila sesuatu terjadi misalnya kendaraan yang tiba-tiba mogok atau masalah lainnya. Padahal di zaman serba pintar sekarang ini, ada loh aplikasi Android yang dirancang untuk menghadapi situasi genting seperti itu.

Di edisi minggu lalu, TRL sudah membahas edisi mudik bagian satu yang memuat 5 aplikasi khusus mudik. Sebagai pelengkap, 5 aplikasi berikut ini juga bisa jadi teman mudik.

DARURAT!

Siapapun tidak bisa menduga apa yang akan terjadi satu menit ke depan. Untuk itu, siaga adalah sebuah kewajiban terutama bila Anda berencana mudik. Aplikasi ini menyediakan akses cepat ke nomor kontak BPOM, SAR, BPBD, Rumah Sakit, Polisi, PMI, Pemadam Kebakaran, SPBU, dan Keluarga terdekat.

Download: Google Play - Gratis

Info Menarik: 5 Aplikasi Kamera Selfie untuk Android dengan Fitur Paling Lengkap

Telepon Darurat

Sama seperti aplikasi di atas, aplikasi Android yang ini juga menyediakan kumpulan nomor telepon darurat untuk berbagai keadaan genting. Misalnya nomor rumah sakit, pemadam kebakaran, kepolisian, dan lain-lain. Pengembang merancang ikon-ikon khusus agar memudahkan penggunaannya.

Download: Google Play - Gratis

Darurat Plus

Alternatif lainnya datang dari Olsa yang menawarkan aplikasi tak kalah bermanfaat bernama Darurat Plus. Aplikasi android ini memiliki banyak koleksi nomor panggilan tempat-tempat penting seperti bengkel, hotel, ATM, kepolisian SPBU dan rumah sakit.

Tidak hanya nomor panggilan, aplikasi juga memberikan peta tempat-tempat terdekat dari lokasi Anda dengan memanfaatkan fitur GPS.

Download: Google Play - Gratis

Info Menarik: 5 Aplikasi Edit Foto Android Pilihan

Lacak Mesjid

Selain nomor darurat, Anda juga butuh informasi lokasi mesjid. Untuk apa? Sebab dari pengalaman, saat menempuh perjalanan jauh, mesjid menjadi tempat istirahat sementara sekaligus beribadah. Aplikasi ini akan menyediakan informasi lokasi-lokasi mesjid di seluruh Indonesia.

Download: Google Play - Gratis

Buku Saku P3K

Walau tak diharapkan, tapi Anda harus siap dengan kemungkinan terburuk. Pertama, jangan panik. Jadikan aplikasi ini sebagai panduan untuk memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Aplikasi memberian panduan ringan dan sekecil apapun tindakan Anda bisa jadi menyelamatkan banyak jiwa.

Download: Google Play - Gratis

Mudik bisa jadi perjalanan yang menyenangkan apabila segala hal telah dipersiapkan dengan baik. Selain untuk mudik, beberapa aplikasi di atas juga berguna untuk anggota keluarga yang Anda tinggalkan di rumah.