28 December 2012

by Iqbal Farabi

Aplikasi Android Terbaik 2012 Versi Google Play

Menjelang tutup tahun, Google Play merilis daftar aplikasi Android yang dinobatkan sebagai aplikasi terbaik selama tahun 2012. Hal yang menarik, meskipun beberapa laporan lembaga riset pasar seperti AppAnnie menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi yang paling banyak mendapatkan penghasilan di Google Play adalah aplikasi game, tidak satu pun game masuk dalam daftar aplikasi terbaik ini. Bahkan, dari 10 aplikasi, hanya satu aplikasi yang merupakan aplikasi berbayar.

Apa saja aplikasi-aplikasi Android terbaik 2012 versi Google Play tersebut? Berikut adalah daftar lengkap aplikasi-apllikasi tersebut:

1. Evernote

Evernote adalah sebuah aplikasi pencatatan yang serba guna. Tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi seperti memo biasa, Evernote memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari fitur untuk mengambil foto sampai fitur membagikan file-file catatan kepada pengguna lain. Evernote juga tersedia di platform-platform lain, mulai dari iOS hingga ke aplikasi berbasis desktop.

2. Pinterest

Jejaring sosial Pinterest yang belakangan semakin populer ini menempatkan aplikasinya sebagai salah satu aplikasi terbaik Android 2012. Dengan aplikasi Pinterest di Android, pengguna bisa mengeksplorasi pin dan board yang menarik baginya dan bahkan bisa membuat pin dengan mengambil gambar melalui kamera ponselnya.

3. Grimm's Snow White

Satu-satunya aplikasi berbayar dalam daftar ini, Grimm's Snow White merupakan sebuah aplikasi interaktif yang berbentuk buku cerita untuk anak. Berdasarkan cerita Putri Salju dan Tujuh Kurcaci, dengan aplikasi ini, pengguna anak-anak bisa membaca cerita sekaligus melakukan interaksi yang menyenangkan sesuai dengan cerita tersebut. Pengembang aplikasi ini sendiri, Storytoys, ternyata memiliki cukup banyak aplikasi buku cerita interaktif dengan judul-judul lainnya.

4. Pocket

Dahulu bernama ReadItLater, Pocket adalah aplikasi untuk menyimpan dan melihat artikel, gambar, dan video dari halaman web. Dengan Pocket, pengguna bisa menyimpan halaman web yang dilihatnya untuk dibaca di kemudian waktu. Saya sendiri sangat menyenangi aplikasi Pocket ini. Biasanya saat akan berjalan jauh dan melewati daerah yang sulit mendapatkan sinyal, saya seringkali menyimpan banyak halaman web dengan Pocket untuk dibaca di perjalanan.

5. Expedia

Expedia merupakan sebuah aplikasi pencarian, pemesanan, dan diskon hotel dan tiket pesawat terbang. Dari uji coba saya menggunakan Expedia, basis data aplikasi ini bisa dikatakan lengkap, paling tidak untuk kota-kota besar dadi Indonesia dan dunia.

6. Ancestry

Dari semua aplikasi di daftar ini, menurut saya Ancestry adalah yang paling unik. Seperti namanya, Ancestry memungkinkan pengguna untuk membuat silsilah keturunannya sendiri atau mengeksplorasi silsilah keterunan yang sudah ada di Ancestry. Pengguna bisa menambahkan foto dan catatan pada setiap nama dalam silsilah yang dibuatnya, kemudian Ancestry akan menampilkan silsilah yang sudah disimpan pengguna dalam sebuah gambar beresolusi tinggi.

7. Fancy

Sekilas Fancy tampak mirip dengan Pinterest. Hanya saja, Fancy melakukan diferensiasi dengan fitur jual beli koleksi barang-barang yang ditampilkan di aplikasi tersebut. Fancy sendiri mendeskripsikan aplikasinya sebagai campuran antara toko, majalah, dan wishlist.

8. SeriesGuide Show Manager

SeriesGuide Show Manager adalah aplikasi untuk mengikuti serial televisi favorit pengguna. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengelola daftar serial televisi kesukaanya dan menonton ulang episode-episode serial tersebut melalui ponselnya. Meskipun nampaknya serial televisi yang tersedia hanya yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa saja.

9. Pixlr Express

Ingin beralih dari Instagram? Barangkali Pixlr Express bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda. Aplikasi pengeloahan gambar untuk ponsel ini mengklaim memiliki lebih dari 600 efek dan filter untuk mengeloah gambar secara instan, baik untuk gambar yang diambil langsung melalui kamera maupun gambar-gambar yang sudah tersimpan sebelumnya di ponsel.

10. TED

Tentunya TED sudah cukup banyak dikenal di dunia. Konferensi yang diisi oleh pemateri-pemateri terbaik dari seluruh dunia ini juga tersedia sebagai aplikasi Android. Dengan aplikasi TED, pengguna bisa mengeksplorasi dan menonton lebih dari 1200 video TEDTalk resmi.