13 November 2014

by DailySocial

Aplikasi Android By The Way Dorong Masyarakat Gunakan Transjakarta

Salah satu cara mengurangi kemacetan ialah dengan menggunakan transportasi massal yang disediakan oleh pemerintah. Gagasan tersebut juga didukung oleh Plt. Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama. Mendorong penggunaan transportasi umum, By The Way sebagai aplikasi mobile berbasis Android menyajikan cara menarik untuk warga Jakarta menggunakan bus Transjakarta.

Pemberdayaan teknologi dalam merealisasikan kota pintar (smart city) memang menjadi tren yang sedang tumbuh di pemerintahan Indonesia. Kemarin (11/11), Pemprov DKI secara resmi mengumumkan kerja samanya dengan Google Waze guna menginformasikan titik-titik macet di wilayah ibukota secara real-time ke genggaman warga Jakarta. Aplikasi Android By The Way besutan tim One Solution ini merupakan salah satu bentuk apresiasi masyarakat guna meningkatkan kenyamanan di kota tercintanya.

Pada dasarnya, cara kerja aplikasi ini sangat mudah. Setelah proses registrasi berhasil, keseluruhan peta Jakarta akan ditampilkan oleh pengguna di halaman utama aplikasi By The Way, tidak lupa dengan pin yang menunjukkan current location pengguna.

Pada halaman tersebut, pengguna bisa mencari rute yang diinginkan dengan memasukkan query pada kolom pencarian, lantas tunggu beberapa detik sebelum sistem memberikan beberapa sugesti nama halte yang relevan dengan pencarian, dan pengguna dapat memilih salah satu halte tersebut. Sayangnya, fitur ini memiliki banyak kelemahan dengan seringnya crash dan error fetching data.

Sedangkan di halaman Profile, pengguna dapat melihat “gelar” mereka. Contohnya, jika baru mendaftar kita akan mendapatkan “newbie Transjakarta”. Di bawah nama profil pengguna, By The Way akan mengkurasi waktu yang dihemat pengguna, kalori yang terbakar, seberapa besar kontribusi mereka akan keselamatan lingkungan, dan dana yang bisa dihemat, dalam bentuk laporan per minggu selama menggunakan jasa angkutan Transjakarta. Untuk menambah keseruan, pihak pengembang turut menyediakan fitur achievement untuk membangkitkan jiwa kompetitif dari para penggunanya.

Dengan serangkaian fitur yang cukup menarik tersebut, tak heran jika aplikasi By The Way menyabet gelar Juara Favorit 2 dalam ajang hackathon HACKJAK yang kami selenggarakan beberapa bulan yang lalu. Perhelatan yang juga didukung oleh Pemprov DKI untuk membantu realisasi pemerintahan yang transparan dan lebih baik.

Saran pengembangan untuk aplikasi ini adalah pembenahan database yang kerap kali gagal menarik data API dan penyempurnaan fitur gamifikasi sehingga memancing aspek kompetitif antar sesama penggunanya.

[Foto: By The Way, Dok. DailySocial]


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga.