Categories

Misc

Aplikasi Android Yang Wajib Dimiliki Oleh Mahasiswa

Dengan aplikasi-aplikasi ini, pekerjaan atau tugas bisa dikerjakan di mana dan kapan saja

Dwi Andi - 1 February 2016

Saat ini, teknologi sangat jauh berkembang dan sudah masuk ke pelbagai lini kehidupan, salah satunya adalah dalam dunia pendidikan.

Banyak aplikasi yang diciptakan developer atau pengembang untuk membantu para pengguna perangkat mobile dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas di mana dan kapan saja mereka inginkan, tanpa harus terbentur waktu atau situasi.

Namun, akan menjadi satu hal yang merepotkan jika harus memilih ratusan atau bahkan ribuan aplikasi sejenis di Google Play Store. Tidak hanya repot saja, tidak sedikit dari aplikasi-aplikasi tersebut yang justru kurang user-friendly atau fungsinya kurang relevan.

Berikut aplikasi-aplikasi menarik yang berfungsi untuk membantu para pelajar atau mahasiswa dalam menyelesaikan atau mengerjakan tugas yang diberikan guru atau dosen.

Office Lens

Office Lens adalah sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai scanner dan pengabadi segala sesuatu yang ada di whiteboard atau papan tulis atau juga yang ada di sebuah dokumen. Setelah mengabadikan tulisan atau apapun dengan menggunakan kamera pada gadget, Anda dapat mengubahnya ke dalam bentuk PDF, Word atau juga PowerPoint. Tidak hanya itu saja, semua gambar yang terabadikan dapat disimpan dalam OneNote atau OneDrive milik Microsoft.

Download:Office Lens

Flipboard

Aplikasi yang satu ini berguna sebagai jendela informasi dunia yang bisa digunakan untuk mendapatkan ide saat membuat makalah atau bahkan mencari sumber acuan untuk mengerjakan tugas. Di aplikasi ini Anda bisa menambahkan berbagai sumber konten atau bacaan dari berbagai media atau situs dan mengaksesnya di satu tempat dengan tampilan yang nyaman untuk membaca.

Download:Flipboard

Polaris Office

Jika Anda membutuhkan sarana menulis atau membuat sesuatu seperti yang dimiliki oleh software buatan Microsoft, MsOffice, maka Anda dapat menggunakan Polaris Office sebagai alternatifnya. Aplikasi satu ini dapat digunakan untuk membaca atau meng-edit data dalam format MS Word, membaca PDF sampai dengan digunakan untuk menggambar yang nantinya dapat ditampilkan kembali dalam bentuk slideshow.

Download:Polaris Office

Dropbox

Seperti halnya tempat penyimpanan data secara online atau dikenal dengan nama cloud, dengan menggunakan Dropbox, Anda dapat menyimpan semua data berupa foto, dokumen sampai video secara mudah dan aman. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat meng-edit data yang tersimpan dalam format MS Office secara mudah melalui perangkat mobile. Mengirimkan data dalam kapasitas besar ke media lain-pun juga tidak menjadi masalah.

Download:Dropbox

PhotoMath

Jika Anda butuh cara menghitung cepat bisa gunakan aplikasi ini, tetapi jangan gunakan untuk cheating karena dengan menggunakan aplikasi buatan Microblink ini, Anda dapat menemukan jawaban dari tugas yang berkaitan dengan hitung-hitungan. Dengan menggunakan kamera yang terdapat pada gadget, PhotoMath akan memberikan jawaban secara tepat disertai dengan penjelasan step-by-step.

Download:PhotoMath

Google Drive

Dalam 'paket' aplikasi Google ini Anda bisa menyimpan file dan menggunakan berbagai aplikasi pengolak kata seperti Google Docs yang fungsinya mirip MS Office, Google Sheets untuk pekerjaan yang membutuhkan pembuatan kolom atau Google Slides yang berguna untuk membuat presentasi. Berbagai aplikasi lain juga tersedia dan Anda bisa mengaksesnya dengan akun Google Anda.

Download:Google Drive

Bagaimana, apakah aplikasi di atas sudah ada dalam smartphone Anda? Tertarik untuk menggunakannya? Atau Anda punya pilihan aplikasi lainnya? Jangan lupa share di kolom komentar ya!

Gambar header: College via Shuttertock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter