1. Startup

Aplikasi Angkuts Resmi Hadir di Google Play

Menyediakan dua fitur yakni angkut sampah dan angkut barang

Aplikasi Angkuts yang sudah banyak diberitakan di berbagai media akhirnya tanggal 23 Mei kemarin resmi meluncurkan Apps di Google Play. Angkuts, yang merupakan akronim dari Angkut Sampah didesain untuk menyelesaikan permasalahan sampah di kota Pontianak dengan pendekatan digital.

Menurut informasi dari Public Relation Angkuts Uthamy Ayuningrum saat ini Kota Pontianak menghasilkan kurang lebih 300 ton sampah, dan 30 persennya adalah sampah organik yang sebenarnya bisa dimanfaatkan. Berangkat dari sana Angkuts dengan teknologi mencoba membantu masyarakat di Pontianak untuk memilah sampah mereka agar sampah yang sampah yang bisa dimanfaatkan kembali terpisah dengan sampah-sampah lainnya.

Dengan memasang aplikasi Angkuts pada smartphone warga Pontianak bisa menghubungi pihak Angkuts. Kemudian Angkuts akan datang untuk mengumpulkan sampah anorganik seperti botol plastik, gelas air mineral, kertas HVS, koran dan kaleng alumunium untuk kemudian dibeli pihak Angkuts dan diolah lebih lanjut.

Contoh sampah yang diangkut

Angkuts dengan solusi berbasis teknologinya mencoba turut serta dalam membangun ekosistem smart city dengan layanannya. Selain berupaya untuk mengedukasi masyarakat mengenai sampah dan cara pengelolaannya, Angkuts juga berupaya memanfaatkan sampah-sampah yang selama ini dinilai tidak ada gunanya menjadi sesuatu yang berguna. Sayangnya belum ada informasi seperti apa pemanfaatan sampah yang telah dikumpulkan oleh pihak Angkuts.

Selain membeli sampah anorganik milik warga, Angkuts juga menyediakan layanan lain yakni layanan antar barang atau paket. Layanan logistik ini bekerja seperti layanan logistik kebanyakan. Dengan menggunakan aplikasi angkut driver akan langsung menuju tempat untuk mengambil barang yang akan diantarkan. Untuk layanan ini pihak Angkuts mengenakan tarif flat untuk 10 km sebesar Rp 10.000 dan dikenakan biaya Rp 1.500 / km jika sudah melewati 10 km.

Saat ini untuk mengembangkan layanan dan solusi masalah sampah, Angkuts yang berada di bawah naungan PT Angkuts Kreatif Indonesia juga sedang berupaya untuk menjalin kerja sama dengan beberapa pihak. Salah satunya adalah pemerintah kota Pontianak dan beberapa kelompok masyarakat.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again