Categories

Mobile

Aplikasi BBM Peroleh Update Baru, Fitur Timer dan Penarikan Pesan

Bambang Winarso - 1 November 2014

Aplikasi pesan BlackBerry Messenger atau populer dengan sebutan BBM kembali memperoleh update terbaru berupa tambahan beberapa fitur yang ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan akan privasi. Ada dua fitur baru yang jadi sorotan di update kali ini yaitu fitur timed message atau timer untuk pesan kemudian fitur penarikan pesan.

Fitur timer untuk pesan atau Timed Message paling ditonjolkan oleh BlackBerry. Dengan fitur ini pengguna dapat mengatur berapa lama penerima dapat membaca pesan yang dikirim. Jika melewati waktu yang ditentukan, maka pesan akan otomatis terhapus.

Untuk dapat menggunakan fitur ini Anda dan penerima harus sudah menggunakan BlackBerry Messenger versi 2.5.0.32. Jika tidak, misalnya hanya Anda yang menggunakan versi terbaru sementara penerima tidak, maka Anda akan melihat pesan error seperti ini.

      bbm - 4

 

Info Menarik: Tas Gadget Modular NOKNBag Rilis Produk Eksklusif Hari Ini

Tetapi apabila keduanya sudah melakukan update, maka Anda segera dapat menemukan sebuah ikon jam tepat di form ketikan pesan. Tap tombol untuk mengaktifkan fitur, atau biarkan saja jika ingin mengirim pesan dengan cara konvensional. Saat mendapatkan notifikasi update ini, penulis langsung mencoba sendiri fitur yang ditawarkan. Penggunaannya mudah terutama bagi yang mengirim pesan, ada beberapa pilihan durasi mulai 1, 3, 5, 10, 15 dan 25 detik.

bbm - 3

Sayangnya bagi penerima diperlukan kehati-hatian lebih saat membuka pesan sebab isi pesan hanya dapat dibaca dengan cara men-tap dan menahan kolom pesan. Penerima akan memperoleh pemberitahuan seperti biasa. Namun jika Anda angkat jari Anda dari layar maka pesan akan otomatis terhapus. Bagi yang tidak hati-hati pesan akan menghilang tanpa bisa dibaca kecuali dikirimkan ulang.

bbm - 2

BlackBerry juga menambahkan sistem keamanan tambahan baru jika penerima misalnya mengambil screenshot pesan yang dikirim menggunakan timer, yakni berupa pemberitahuan berlabel “screenshot detected” yang langsung dikirimkan ke chat Anda.

Info Menarik: Cara Menghapus Cache di Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

Fitur kedua adalah Message Retraction atau penarikan pesan. Adapun tujuan dari dihadirkannya fitur ini adalah untuk mencegah salah kirim pesan ke orang yang tidak seharusnya menerima. Barangkali isi pesan yang dikirim bersifat rahasia atau pribadi.

bbm - 1

Dalam blog resminya BlackBerry mengklaim bahwa fitur ini dapat digunakan kendati penerima belum membaca pesan “salah” yang terkirim. Caranya dengan men-tap dan menahan isi pesan yang terlanjut dikirim kemudian nanti akan muncul opsi Retract Message. Sayangnya saat mencoba fitur ini penulis gagal menemukan opsi yang dimaksud khususnya di pesan chat baru. Lucunya justru berhasil ketika menerapkannya ke pesan lama yang sudah terbaca.

Dua fitur baru ini masih dalam tahap beta atau ujicoba, sehingga sangat mungkin ditemukan bug dan error hingga dirilis versi finalnya.

Selain kedua fitur baru di atas, BlackBerry juga melakukan perubahan pada cara pengiriman stiker yang diklaim lebih cepat dan mudah. Kemudian kemudahan pengiriman gambar berukuran besar bahkan sekelas HD sekalipun serta detail musik yang sedang dinikmati oleh teman di jendela Feeds.

BlackBerry secara khusus menjelaskan bahwa update BlackBerry Messenger versi beta ini tersedia untuk platform Android, iPhone dan BlackBerry 10. Untuk Windows Phone tampaknya masih harus menunggu perkembangan terbaru.

Sumber berita Blogs/BlackBerry.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id