10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Terbaik 2022

Apakah kamu ingin meningkatkan kompetensi dan penguasaan bahasa Inggris kamu? Berikut adalah aplikasi-aplikasi belajar bahasa inggris yang dapat membantu kamu!

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara internasional. Penguasaan bahasa Inggris dinilai sangat berguna apabila kamu bertemu atau bahkan bekerja dengan orang dari negara lain.

Dewasa ini, globalisasi pun mendorong kita untuk selalu meningkatkan kompetensi kita. Perusahaan multinasional biasanya akan memerlukan pekerja dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik.

Apakah kamu ingin meningkatkan kompetensi dan penguasaan bahasa Inggris kamu? Saat ini belajar bahasa Inggris tidak hanya harus melalui pendidikan formal saja loh. Ada berbagai aplikasi yang menawarkan metode-metode unik untuk belajar bahasa Inggris

10+ Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Android Terbaik

Melalui aplikasi ini mungkin kamu dapat belajar teknik menulis, speaking, listening, dan lain sebagainya. Berikut adalah aplikasi-aplikasi belajar bahasa inggris yang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu!

Duolingo

Duolingo sebagai aplikasi belajar bahasa inggris

Aplikasi Duolingo merupakan salah satu aplikasi dengan tema pembelajaran bahasa yang paling laris dan digandrungi oleh banyak pelajar. Tidak hanya belajar bahasa Inggris, pengguna dapat mempelajari berbagai bahasa seperti bahasa Jepang, Mandarin, Jerman, dan masih banyak bahasa lainnya.

Duolingo memberikan materi pembelajaran yang ringan dan disesuaikan dengan level pengetahuan bahasa bawaan dari pengguna. Jadi, sebelum memulai pembelajaran, pengguna akan melakukan pre-test identifikasi apakah pengguna merupakan pelajar bahasa di level beginner, intermediate, atau bahkan advanced. 

Duolingo menawarkan pembelajaran yang menyenangkan dengan tampilan aplikasi yang minimalis akan tetapi tetap berwarna-warni. Pengguna dimungkinkan untuk dapat melakukan perkembangan di berbagai aspek pembelajaran bahasa seperti speaking, writing, listening, pronunciation, dan lain sebagainya.

Tunggu apa lagi? Gabung dengan 100 juta pengguna aplikasi ini lainnya untuk mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dengan Duolingo.

Grammarly

Grammarly sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya adalah Grammarly. Grammarly memungkinkan pengguna untuk dapat menulis bahasa Inggris dengan lebih baik dan sesuai dengan aturan penggunaan bahasa Inggris yang baku. Aplikasi Grammarly akan melakukan proses edit dan koreksi atas grammar, spelling, serta punctuation dari tulisan penggunanya.

Grammarly saat ini telah diunduh oleh 10 juta pengguna di seluruh dunia. Penggunaan Grammarly pun mudah sekali loh. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini kemudian mengintegrasikan Grammarly dengan keyboard kamu. Voila! Grammarly akan melakukan koreksi serta menyarankan kata-kata yang variatif setiap kamu menulis.

Dengan Grammarly, diharapkan penggunanya akan semakin terbiasa dengan struktur penulisan bahasa Inggris. Selain itu, pengguna pun jadi banyak belajar kosakata baru. Fitur lain yang ditawarkan oleh Grammarly adalah kustomisasi atas dialek, tema (mode light atau dark), dan personal dictionary bagi pengguna.

BBC Learning English

BBC Learning English sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa inggris di android yang dapat kamu coba lainnya adalah BBC Learning English. Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dengan cara yang unik dan menyenangkan.

BBC Learning English beranggapan bahwa belajar bahasa Inggris akan lebih baik dilakukan apabila dilakukan dengan praktik sedikit demi sedikit setiap hari. Perangkat lunak yang saat ini telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna ini akan memberikan konten harian ter-update dilengkapi dengan transkrip dan kuis.

Aplikasi ini pun menyediakan berbagai video yang diharapkan akan meningkatkan pengetahuan kamu seputar bahasa Inggris. Program pembelajaran populer yang dimiliki oleh BBC Learning English di antaranya adalah The English We Speak, 6 Minute English, English at Work, English in Minute, The award-winning Tim’s Pronunciation Workshop, LingoHack, dan News Review.

Rosetta Stone

Rosetta Stone sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi Rosetta Stone adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat kamu coba berikutnya. Rosetta Stone memiliki fitur yang agaknya mirip dengan Duolingo di mana pada Rosetta Stone pengguna dapat mempelajari bahasa lain, tidak hanya bahasa Inggris saja.

Perangkat lunak satu ini ternyata menuai berbagai penghargaan yang membanggakan loh. Di tahun 2019 Rosetta Stone dinobatkan menjadi Best Designed App and Best Overall App pada Best Mobile App Awards. Pada tahun yang sama, aplikasi ini mendapat penghargaan sebagai Editor’s Choice di PCMag.

Aplikasi belajar bahasa Inggris satu ini memiliki fokus agar penggunanya dapat berbicara bahasa asing dengan penuh percaya diri. Rosetta Stone memiliki teknologi bernama TruAccent yang akan memberikan umpan balik pelafalan kosakata bahasa Inggris secara real-time.

Babbel

Babbel sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi Babbel mungkin adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik dan terlaris bagi kalangan aplikasi belajar bahasa Inggris android lain. Babbel menawarkan pembelajaran bahasa Inggris yang bite-size dan interaktif sehingga akan sangat sesuai bagi kamu yang ingin menyelipkan pembelajaran bahasa di sela kesibukan kamu yang lain.

Aplikasi Babbel ini juga hadir dengan pengetahuan seputar bahasa Inggris yang sesuai dengan praktik situasi di dunia nyata, pada misalnya percakapan bahasa Inggris untuk kegiatan traveling, kerja, dan situasi lain.

Babbel memungkinkan penggunanya untuk berkembang pada hampir semua aspek bahasa baik itu listening, speaking, reading, maupun writing. Pada perangkat lunak yang sudah diunduh oleh kurang lebih 10 juta pengguna ini kamu juga dapat belajar bahasa lainnya loh.

HelloTalk

Hellotalk sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Salah satu metode belajar bahasa yang paling efektif adalah dengan mengobrol langsung dengan para native speaker dari bahasa yang ingin dipelajari. HelloTalk adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang memungkinkan penggunanya untuk dapat langsung mengobrol dengan penutur asli bahasa Inggris.

Selain dapat melatih penulisan bahasa Inggris kamu, HelloTalk ternyata juga dapat mengembangkan pronunciation kamu loh. Pengguna aplikasi ini dapat belajar melalui percakapan dengan native speaker melalui tulisan, audio, serta pesan suara.

FluentU

FluentU sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat kamu coba lainnya adalah FluentU. Melalui FluentU, kamu diajak untuk belajar bahasa –tidak hanya bahasa Inggris saja– melalui media-media unik seperti video musik, trailer film, berita, dan percakapan menginspirasi dari berbagai narasumber. 

Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa yang menyenangkan dengan video-video menarik yang menambah wawasan.

Words Booster

Word Booster sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris Words Booster juga dapat menjadi pilihan metode belajar baru kamu. Sesuai dengan namanya, melalui Word Booster, kamu akan diajak untuk menambah vocabulary atau kosakata kamu dengan cara yang fresh dan engaging.

Word Booster nantinya akan membuat kamu menyeleksi level penguasaan bahasa Inggris kamu sehingga mereka akan merekomendasikan kosakata baru yang sesuai untuk kemampuan kamu. Kamu juga akan diajak untuk menyempurnakan pronunciation dengan game menyenangkan.

Memrise

Memrise sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Sesuai dengan nama aplikasinya, Memrise merupakan aplikasi yang bertujuan agar penggunanya dapat mengingat (memorize) kata bahasa Inggris baru. Tidak hanya dapat belajar bahasa Inggris, dengan Memrise pengguna juga dapat belajar berbagai bahasa lainnya seperti Korea, Jepang, Mandarin, Belanda, dan banyak bahasa lain.

Memrise menyediakan berbagai klip video menyenangkan yang diharapkan dapat membuat kamu selalu mengingat kosakata yang diajarkan. Aplikasi Memrise ini berharap kamu dapat mengingat kata sehingga nantinya dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar tanpa berpikir lama.

Busuu

Busuu sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang mungkin dapat kamu coba lainnya adalah Busuu. Busuu memungkinkan pengguna untuk dapat berbagai macam bahasa dengan fitur-fitur dan metode belajar yang unik. Pengguna nantinya disarankan untuk menyusun rencana belajar –berapa menit waktu belajar yang diinginkan– sehingga pengguna dapat konsisten belajar.

Busuu menawarkan fitur agar pengguna dapat berlatih berbicara dengan penutur asli melalui percakapan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghafal kosakata sebanyak mungkin melalui fitur Pelatih Kosakata. 

Beelinguapp

Beelinguapp sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris

Aplikasi belajar bahasa Inggris terakhir yang dapat kamu gunakan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu adalah Beelinguapp. Melalui Beelinguapp, pengguna akan diberikan berbagai cerita dalam bahasa yang ingin kamu pelajari (tidak hanya bahasa Inggris).

Beelinguapp ini akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin memperkaya kosakata dan penulisan bahasa Inggris kamu. Selain itu, aplikasi ini pun juga menyediakan audiobooks sehingga kamu dapat juga berlatih listening dengan Beelinguapp ini. 

Ilustrasi aplikasi belajar bahasa Inggris android terbaik | Tirachard Kumtanom Pexels

Nah, itu tadi adalah aplikasi-aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Saat ini penguasaan bahasa asing, terlebih bahasa Inggris, sangat dibutuhkan apalagi untuk praktik bisnis perusahaan multinasional.

Tidak hanya itu, belajar bahasa Inggris pun penting dilakukan apabila kamu ingin bertandang ke luar negeri. Aplikasi belajar bahasa Inggris memungkinkan kamu belajar aspek-aspek dalam bahasa Inggris seperti writing, speaking, dan listening dengan metode yang unik dan tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Apakah kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris melalui aplikasi-aplikasi ini?

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again