Di awal tahun 2018, tentunya Anda sudah membuat resolusi yang ingin Anda capai dalam satu tahun ke depan. Demi kebaikan diri Anda, sebaiknya jangan lupa menyelipkan belajar bahasa baru.

Di zaman sekarang, menguasai bahasa asing tentunya menjadi suatu hal yang sangat Anda butuhkan. Selain bisa untuk memuluskan karier, menguasai bahasa asing juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kualitas hidup lho. Cek pilihan lima aplikasi belajar bahasa asing ini untuk memulai.

1. Duolingo

Melalui Duolingo, Anda bisa belajar lebih dari 20 bahasa. Diantaranya bahasa Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Mandarin, Jepang, Korea, Italia, dan banyak lagi. Tentu saja, lebih baik jika Anda fokus memilih satu bahasa baru yang ingin Anda pelajari tahun ini.

Jika bosan belajar sendirian, Anda bisa mengajak teman atau keluarga Anda dan buat grup bersama untuk berkompetisi satu sama lain.

2. Learn Chinese Free – ChineseSkill


Jika Anda ingin benar-benar fokus belajar bahasa Mandarin, tiga aplikasi ini mungkin harus Anda install yaitu Learn Chinese, Speak Chinese, dan Word Chinese.

Aplikasi edukasi ini memungkinkan Anda belajar bahasa Mandarin secara mudah dan efektif. Baik itu belajar berbicara, menulis, mendengarkan, dan membaca.

3. Memrise


Memrise akan mengajak Anda belajar bahasa asing sambil bermain game. Melatih kemahiran bahasa Anda dengan menugaskan Anda sebagai mata-mata.

Sebagai spymaster bahasa, Anda akan menjadi pahlawan dari permainan petualangan epik. Gunakan bahasa yang Anda pelajari untuk mengelabui musuh sehingga mereka mengira bahwa Anda salah satu dari mereka. Pilih salah satu bahasa dan mulai perjalanan Anda sekarang.

4. Tandem: Find Language Exchange Partners Worldwide
Tandem-Find-Language-Exchange-Partners-Worldwide
Dengan Tandem, Anda bisa belajar bahasa asing dengan berteman dan ngobrol langsung dengan anggota di seluruh dunia. Anda bisa bergabung ke dalam komunitas khusus untuk belajar bahasa.

Anda bisa terhubung dengan teman yang juga bertekad belajar bahasa. Baik itu melalui pesan teks, pesan suara, maupun video.

5. Learn languages Free – Mondly

Aplikasi ini mengajarkan apa yang harus Anda ucapkan dalam berbagai situasi, misalnya memesan kopi di kafe, bertanya arah jalan, hingga meminta pertolongan di saat darurat. Cara yang praktis dan efektif untuk menguasai bahasa asing dengan cepat.

Dengarkan percakapan dan pembicaraan sehari-hari dari penutur asli. Ada fitur ‘speech recognition‘ yang akan menilai seberapa tepat logat, intonasi, dan pengucapan kata-kata Anda. Metode belajar dibagi beberapa sesi dan disesuaikan dengan kemampuan dan kecepatan belajar Anda.


Pastikan resolusi untuk menguasai bahasa asing baru di tahun 2018 kali ini bukan cuma wacana. Menurut saya kunci belajar bahasa baru adalah frekuensi belajar yang harus terus ditingkatkan seiring waktu dan yang lebih penting lagi adalah konsistensi. Bagaimana pendapat Anda?

Sumber: Google Play Store

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.