Aplikasi Belajar Coding Swift Playgrounds Kini Sudah Tersedia di App Store

Aplikasi Belajar Coding Swift Playgrounds Kini Sudah Tersedia di App Store

Juga bisa dijadikan tempat bereksperimen dengan Swift bagi developer berpengalaman
Swift Playgrounds / Apple
Swift Playgrounds / Apple

Setelah diumumkan di ajang WWDC 2016 bulan Juni kemarin, aplikasi Swift Playgrounds akhirnya mendarat secara resmi di App Store. Tujuan yang hendak dicapai Apple selaku pengembangnya adalah memberikan kesempatan pada semua orang untuk belajar coding dengan cara yang fun.

Tentu saja, Swift Playgrounds menyuguhkan materi dengan bahasa pemrograman Swift. Pun demikian, Swift Playgrounds juga akan mengajarkan mengenai konsep coding secara umum sehingga mereka yang hendak belajar tidak diharuskan memenuhi prasyarat tertentu.

Perpaduan interface yang interaktif serta grafik yang menarik adalah salah satu kelebihan Swift Playgrounds. Pengguna akan diajak untuk menyelesaikan sejumlah tantangan selagi mereka belajar tentang konsep-konsep utama coding, termasuk halnya penggunaan kode dan variabel yang bersifat kondisional.

Barisan kode yang ditulis dengan Swift Playgrounds bisa di-export ke Xcode untuk dijadikan aplikasi iOS atau Mac / Apple
Barisan kode yang ditulis dengan Swift Playgrounds bisa di-export ke Xcode untuk dijadikan aplikasi iOS atau Mac / Apple

Menariknya, Swift Playgrounds juga bisa dimanfaatkan oleh developer berpengalaman sebagai tempat untuk bereksperimen dengan Swift. Terdapat sejumlah template kode yang bisa dimodifikasi lebih lanjut guna menciptakan aksi-aksi tertentu.

Lebih menarik lagi, hasilnya bisa di-export menuju Xcode dan lanjut digodok hingga akhirnya menjadi aplikasi iOS atau Mac yang fungsional. Hal ini dikarenakan semua yang tercantum pada Swift Playgrounds merupakan kode asli dalam bahasa pemrograman Swift, bukan semata untuk memudahkan proses belajar saja.

Swift Playgrounds saat ini sudah bisa diunduh dari App Store secara cuma-cuma dan tanpa biaya tambahan apapun. Perangkat yang kompatibel minimal adalah iPad Mini 2, iPad Air dan iPad Pro yang masing-masing menjalankan iOS 10.

Sumber: Apple.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…