6 August 2015

by Bambang Winarso

Aplikasi Belajar Piano Karya Mahasiswa Untag Ini Bikin Anak Lebih Pintar

Mempelajari alat musik dapat dilakukan di sekolah atau di les-les musik. Tetapi di sekolah porsi pelajarannya dianggap tidak mendalam sementara di les musik, biaya kerap jadi penghalang.

Latar belakang inilah yang mendorong Happy Tri Pamungkas, seorang mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya untuk menciptakan aplikasi belajar piano berbasis Android bagi anak-anak.

Berbeda dari aplikasi serupa pada umumnya, aplikasi buatan pemuda 23 tahun ini diklaim lebih menitik-beratkan pada pembelajaran teknik-teknik dasar piano. Bahkan, di dalamnya ada juga sejarah alat musik tersebut. Sehingga selain bermain, anak juga bisa dapat ilmu pengetahuan.

Dikutip dari Antaranews, Happy mengatakan aplikasi yang merupakan tugas akhir kuliahnya ini dibuat dari nol dan memakan waktu 5 bulan. Ia mengaku pengerjaannya cukup rumit karena harus memasukkan chord dan memang harus memahami tuts dan fungsinya.

Info Menarik:Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Mobile Pushla untuk Mudahkan Donasi

Dan karena ditujukan untuk anak-anak, ia juga mengalokasikan waktu lebih untuk merancang gambar-gambar di dalamnya semenarik mungkin.

Ketika ditanya mengapa memilih pengguna anak-anak, ia beralasan karena anak-anak masih mempunyai daya ingat yang baik dan memang cenderung suka belajar sambil bermain. Di Play Store ada banyak aplikasi piano, tapi kebanyakan hanya fokus ke bagaimana memainkannya dengan musik pengiring. Bukan memberikan pembelajaran dasar.

Untuk membuat aplikasinya ini, ia menggunakan metode pretotipe dan Unified Modelling Language. Hasil akhirnya sendiri sudah dicoba dan memperoleh respon yang positif.

Sumber gambar header Shutterstock.