Categories

Mobile

Aplikasi Bing Search di Android Kini Bisa Berikan Informasi Tanpa Menunggu Instruksi dari Anda

Glenn Kaonang - 21 August 2015

Saat Android Marshmallow dirilis nanti, salah satu fitur yang paling menarik justru berada di dalam Google Now. Bertajuk Now on Tap, fitur ini sejatinya memungkinkan Google Now untuk memahami konteks dan menampilkan informasi tanpa harus menunggu Anda memberikan perintah.

Fitur ini sangat menarik karena Anda bisa melakukan pencarian tanpa harus berpindah aplikasi dan hanya dengan menahan tombol Home saja, tanpa mengetikkan apa-apa. Namun Google rupanya keduluan Microsoft; aplikasi Bing Search di Android sudah bisa melakukan itu semua sekarang juga.

Dalam ‘kamus’ Microsoft, fitur ini disebut Bing Snapshots. Prinsip dan cara kerjanya sama persis dengan Now on Tap besutan Google, dimana Bing dapat memahami konteks berdasarkan apa yang sedang tampak di layar smartphone, lalu memberikan informasi yang relevan.

Info menarik: Microsoft Perkenalkan Versi Baru Bing Maps yang Lebih Sempurna

Jadi, semisal Anda sedang membuka Facebook dan melihat post dari seorang teman soal liburan keluarganya di Bali. Tahan tombol Home, maka sebuah window Bing Search akan muncul langsung di atas aplikasi Facebook sembari menampilkan informasi yang berkaitan soal Bali.

Tidak cuma itu, Bing Search juga menampilkan link menuju aplikasi-aplikasi lain semisal Lonely Planet atau Wikipedia, sehingga Anda bisa mencari tahu lebih banyak soal Bali. Sekali lagi, semua ini akan muncul tanpa menerima instruksi apapun dari Anda; Anda cuma perlu menahan tombol Home, dan Bing akan menjalankan tugasnya dengan sigap.

Contoh lain, saat Anda membuka situs sebuah restoran, Bing akan membaca konten yang terpampang di layar, lalu menampilkan informasi tentang restoran tersebut tanpa menutup aplikasi browser. Dari situ Anda bisa membaca review restoran di Yelp, atau memesan taksi privat dari Uber untuk segera berangkat ke tempat tersebut.

Info menarik: Apple Hadirkan Proactive Assistant Siri, Asisten Virtual Sepintar Google Now

Sejauh ini, Microsoft mengklaim Bing Snapshots sudah mengenali sekitar 1 miliar entitas yang mencakup orang, lokasi dan berbagai macam objek – setara dengan yang dimiliki Now on Tap. Dari 1 miliar entitas tersebut, Bing sanggup menampilkan 21 miliar fakta terkait.

Seperti yang saya katakan, fitur Bing Snapshots ini sudah bisa dinikmati sekarang juga oleh pengguna perangkat Android. Anda hanya perlu meng-update atau mengunduh aplikasi Bing Search lewat Google Play.

Sumber: VentureBeat dan Bing Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter