Kalau bicara menyoal BlackBerry, apa yang Anda pikirkan? Kalau saya selalu merindukan kenyamanan saat mengetik pada keyboard qwerty fisiknya yang mendorong peningkatan produktivitas.

Kini dengan sederet aplikasi BlackBerry di Google Play Store, kita bisa menghadirkan pengalaman menggunakan smartphone BlackBerry dan menjadi semakin produktif. Saya pun menginstal sepuluh aplikasi BlackBerry di perangkat Huawei Nova 2i dan menjadikan aplikasi default, kurang lebih seperti ini pengalaman saya.

1. BlackBerry Hub+ Services

BlackBerry-Hub+-Services

Pertama install aplikasi BlackBerry Hub+ Services agar kita bisa menjalankan aplikasi BlackBerry di smartphone Android. Layanan ini bisa diuji coba secara gratis dan tersedia untuk ponsel pintar Android 5.0 Lollipop atau lebih baru.

Usai masa uji coba berakhir, Anda dapat memilih untuk berlanggan BlackBerry Hub+ Rp13.000 per bulan untuk terus menggunakan semua aplikasi BlackBerry tanpa iklan atau Anda dapat melanjutkan dengan pengalaman gratis dengan iklan dalam aplikasi.

Application Information Will Show Up Here

2. BlackBerry Launcher

Selanjutnya kita ubah tampilan antarmuka dengan BlackBerry Launcher. Jangan lupa untuk mengaturnya menjadi aplikasi peluncur default dan mengubah wallpaper-nya.

Ya, kita harus menata aplikasi, widget, dan pintasan di panel layar awal khusus untuk akses instan yang kita inginkan. Jika dimaksimalkan, kita bisa mengubah tindakan multilangkah, seperti mengirim email atau menelepon teman menjadi tugas sekali klik.

Application Information Will Show Up Here

3. BlackBerry Hub

Pengalaman penuh BlackBerry bisa kita rasakan di aplikasi kotak masuk terpadu ini. Di mana semua pesan Anda berada di satu tempat, baik itu email, kalender, sosial, maupun panggilan telepon. Dengan cepat mengidentifikasi pesan yang belum dibaca melalui indikator tanda BlackBerry berwarna merah.

Anda juga bisa menulis pesan email dan posting sosial, atau membalas langsung pesan-pesan dan undangan kalender. Mencari pesan atau kontak yang disimpan secara langsung di perangkat atau server email. Mengintip kalender untuk melihat jadwal rapat Anda berikutnya.

Application Information Will Show Up Here

4. BlackBerry Calender

Kalender bukan cuma buat melihat sekarang tanggal berapa, dengan BlackBerry Calender Anda bisa membuat atau mengubah acara, menghindari penjadwalan ganda dengan melihatnya ketika Anda sibuk.

Dengan fitur ‘bergabung sekarang’, Anda dapat langsung bergabung dengan rapat dari pengingat acara. Melihat janji yang berdekatan atau bersamaan serta pratinjau zona waktu. Serta mencari acara menurut subjek, lokasi, peserta, dan catatan.

Application Information Will Show Up Here

5. BlackBerry Password Keeper

BlackBerry-Password-Keeper

Tentu sangat merepotkan jika harus mengingat banyak kata sandi, email dan akun sosial, perbankan online, akses ke aplikasi pekerjaan, dan sebagainya. Nah dengan BlackBerry Password Keeper menyimpan semua kata sandi, informasi login, dan catatan penting Anda lainnya dengan aman di satu tempat dengan keamanan tinggi yang dienkripsi dengan kata sandi pilihan Anda.

Application Information Will Show Up Here

6. BlackBerry Privacy Shade

BlackBerry-Privacy-Shade

Sebagai pengguna smartphone, kita harus memahami betul pentingnya menjaga privasi. Privacy Shade mencegah orang lain melihat layar Anda dengan menghalangi seluruh layar kecuali area lihat kecil yang bisa Anda atur.

Application Information Will Show Up Here

7. BlackBerry Contact

BlackBerry-Contact

Kontak BlackBerry akan menyimpan semua info kontak Anda di satu lokasi untuk kemudahan pengelolaan.  Anda dapat berinteraksi dengan kontak anda dengan menggunakan berbagai metode, seperti panggilan telepon, pesan email dan teks, atau acara kalender secara langsung dari aplikasi kontak. Anda juga dapat membuat dan mengelola grup kontak.

Application Information Will Show Up Here

8. BlackBerry Device Search

BlackBerry-Device-Search

Hemat waktu dan tenaga dalam menavigasi perangkat dan menemukan informasi di smartphone Anda dengan cepat. Anda bisa dengan mudah menemukan kontak, jadwal rapat, file, email, lagu dengan mencari di satu bilah pencarian universal.

Application Information Will Show Up Here

9. Tasks by BlackBerry

Tasks-by-BlackBerry

Selesaikan berbagai tugas dengan teratur. Aplikasi ini akan meningkatkan efisiensi Anda di tempat kerja dengan membuat tugas, dan menetapkan tenggat, prioritas, hingga pengingat untuk membantu Anda tetap fokus dan tidak melewatkan tenggat.

Application Information Will Show Up Here

10. Notes by BlackBerry

Notes-by-BlackBerry

Tempat untuk menyimpan dan memeriksa daftar kegiatan atau daftar keinginan Anda, dan catatan lainnya. Tulis segala sesuatu yang penting dan jangan sampai terlewat.

Application Information Will Show Up Here

Ada lebih banyak cara untuk tetap terhubung dan berbagi hal yang Anda anggap penting, sehingga Anda dapat tetap mengetahui hal penting dan menjadi semakin produktif.

Dalam sebulan ke depan, saya masih tetap menggunakan semua aplikasi BlackBerry tersebut, mencari celah untuk terus meningkatkan produktivitas, Anda juga mungkin harus mencobanya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.