7 May 2013

by Iqbal Farabi

Aplikasi BlueStacks Tembus Angka 10 Juta Unduhan

Masih ingat dengan aplikasi BlueStacks yang pernah kami ulas beberapa waktu lalu? Sedikit menyegarkan ingatan Anda, BlueStacks adalah sebuah aplikasi yang bisa melakukan virtualisasi sistem operasi Android agar berjalan di atas sistem operasi berbasis Windows dan Mac OS. Pada saat kami ulas dahulu, BlueStacks mengkalim bisa menjalankan 750.000 aplikasi Android melalui sistem virtualisasinya.

Seperti yang dilansir oleh situs Venture Beat, BlueStacks kemarin mengumumkan bahwa aplikasinya sudah melewati angka 10 juta unduhan. Dirilis sejak Maret tahun lalu, BlueStacks mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di kuartal pertama 2013 ini. Pada periode Januari hingga Maret 2013 kemarin, BlueStacks mendapatkan sekitar 4 juta unduhan.

Angka jumlah unduhan ini utamanya tercapai berkat kerjasama BlueStacks dengan beberapa produsen komputer personal. Pada Januari tahun ini BlueStacks mengumumkan kerjasama dengan Lenovo untuk menjadikan BlueStacks sebagai bagian dari paket software bundling komputer personal yang dirilis oleh Lenovo. Sebelumnya, BlueStacks juga sudah menjalin kerjasama dengan AMD, Asus, dan MSI.

Pencapaian 10 juta unduhan ini merupakan pencapaian yang cukup baik. Saya sendiri cukup berharap banyak terhadap perkembangan aplikasi virtualisasi untuk sistem operasi mobile seperti Android atau iOS. Hal-hal sederhana seperti membalas pesan dari layanan instant messenger di perangkat ponsel pintar kita, misalnya, akan bisa dilakukan tanpa harus beralih dari komputer personal ketika kita sedang bekerja. Dengan berbagai kemungkinan integrasi lainnya, saya pikir akan menarik untuk disimak bagaimana perkembangan BlueStacks selanjutnya.

 

Sumber: Venture Beat.