Categories

Mobile

5 Aplikasi Browser Android Berukuran "Ramping" untuk Smartphone Berspesifikasi Rendah

Aplikasi browser yang ringan tapi punya fitur yang tetap komplet

Bambang Winarso - 1 February 2016

Jika sobat coba mencari aplikasi browser di toko aplikasi Android, maka sobat akan dapat jumpai puluhan aplikasi dengan beragam "iming-imingnya". Masalahnya, tidak semua aplikasi tersebut cocok untuk perangkat smartphone sobat, terutama smartphone yang punya spek apa adanya. Salah pilih bisa mengakibatkan ponsel berjalan lambat dan aplikasipun tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah daftar aplikasi browser Android yang punya ukuran file ramping dan cocok sekali untuk perangkat berspesifikasi rendah.

UC Browser Mini

https://www.youtube.com/watch?v=RER1Q4qcvRE

Aplikasi yang pertama datang dari UCWeb Inc yang rupanya paham problem sejumlah pengguna yang punya smartphone terbatas. Versi mini rancangannya ini hanya 1,5MB namun dengan sejumlah fitur yang disunat. Meski begitu, untuk ukuran aplikasi browser smartphone, UC Browser Mini sangat bisa diandalan.

CM Browser

https://www.youtube.com/watch?v=3fMsQR0xUww

Pilihan kedua adalah aplikasi CM Browser dari Cheetah Mobile yang juga tidak membutuhkan spesifikasi yang wah untuk bisa menjalankannya dengan baik. Malahan, aplikasi dirancang untuk smartphone dengan spek yang rendah. Pun begitu, CM Browser punya fitur yang cukup lengkap misalnya mode malam, anti malware, user agent dan fitur jejalah cepat.

Opera Mini Web Browser

Reputasi opera mini sebagai aplikasi browser cepat dan ringan sudah lama melekat. Dan di versi mini yang satu ini, Opera ingin pengguna lebih merasakan pengalaman super cepat dalam menjelajah internet. Namun dengan pengalaman pengguna yang tak lantas berkurang.

Apus Browser

https://www.youtube.com/watch?v=1eHu5TMZZPY

Sukses di kategori launcher, Apus melebarkan sayap dengan meluncurkan aplikasi browser super ringan dengan bobot kurang dari 2MB. Tapi teknologi di aplikasi ini sudah lebih dari cukup, ada fitur pencarian instan, multi-tab, incognito mode, mode malam, download manager dan lain-lain.

Baidu Browser Mini

https://www.youtube.com/watch?v=ArY3KMuKLGY

Terakhir, kita punya pilihan browser dari Du App yang sebelum ini juga sudah menghadirkan Baidu Browser, versi "besar" yang lebih lengkap. Baidu Browser mini menawarkan fitur-fitur standar aplikasi peramban, namun demi memberikan kinerja yang lebih baik, sejumlah fiturpun ditiadakan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter