Categories

Berita

Aplikasi Buku BSE Tawarkan Ribuan Buku Pelajaran Sekolah Secara Gratis

Avi Tejo Bhaskoro - 22 May 2014

Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, tak disangkal akhir-akhir ini banyak startup lokal yang bermunculan menghadirkan layanan fasilitas pendidikan secara online. Mulai dari yang menawarkan layanan kursus bahasa asing, hingga latihan ujian tryout, seluruhnya bisa dimanfaatkan siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis. Kini, ada satu lagi startup lokal yang bernama “Buku BSE”. Hadir sebagai aplikasi mobile, Buku BSE menawarkan ribuan judul buku pelajaran dalam format digital secara gratis.

Dikembangkan oleh salah satu developer lokal bernama Mahoni, aplikasi Buku BSE menyediakan lebih dari 1.300 judul buku pelajaran yang dihadirkan dalam format PDF dan dari sekian buku pelajaran yang disediakan, aplikasi Buku BSE tidak menarik tarif sepeser pun untuk mengunduhnya. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, para siswa bisa langsung menggunakan tanpa melalui proses registrasi apapun, hanya saja dibutuhkan koneksi internet yang mumpuni untuk mengunduh sejumlah judul buku pelajaran sekolah yang diinginkan.

Aplikasi Buku BSE memiliki pustaka buku pelajaran yang sangat lengkap. Tersedia tiga tingkatan pendidikan utama di Indonesia yakni tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, seluruhnya tentu dilengkapi dengan sejumlah mata pelajaran yang sesuai dengan kurikulum Diknas yang berlaku saat ini. Untuk mengunduhnya, siswa hanya tinggal mengakses menu daftar buku yang tertera dalam aplikasi dan langsung bisa diunduh ke dalam ponsel, tablet, maupun PC.

Dalam fitur yang dihadirkan, aplikasi Buku BSE tidak hanya menghadirkan fungsi membaca buku pelajaran saja, namun untuk meningkatkan pengalaman pengguna, pengembang juga menyematkan berbagai fitur atraktif di dalamnya seperti fitur Notes, Kalkulator, Konverter, Browser, Anotasi, Grafik, Menggambar, serta berbagai fitur pendukung lainnya.

Dalam keterangan yang tertera di halaman Google Play Store, aplikasi Buku BSE merupakan salah satu implementasi dari inisiatif Departemen Pendidikan Nasional Indonesia (Depdiknas) dalam menyediakan buku belajar elektronik untuk seluruh tingkat pendidikan sekolah. Setiap buku yang disediakan, pihak pengembang mengklaim seluruh hak ciptanya telah dibeli secara resmi oleh pihak Depdiknas sehingga konten edukasi di dalamnya tentu sesuai dengan yang diajarkan di dalam sekolah.

Hadir sebagai aplikasi yang tidak meminta tarif apa pun dalam penggunaannya, aplikasi Buku BSE tentu bisa menjadi solusi terbaik bagi para siswa dalam mengatasi masalah mahalnya buku pelajaran sekolah yang beredar saat ini. Siswa cukup bermodalkan perangkat ponsel pintar, tablet, atau pun PC maka kebutuhan belajar mengajar dapat teratasi secara mudah.

Aplikasi ini telah tersedia pada platform Android, iOS, dan Windows (desktop). Nilai lebih bagi kehadirannya dalam perangkat Android tentu bisa menjamah jangkauan pengguna yang sangat luas. Perangkat Android yang tersedia di pasaran diketahui memiliki rentang harga yang sangat lebar dan didominasi oleh perangkat dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga tentu aplikasi Buku BSE bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter