25 August 2013

by Bambang Winarso

Aplikasi dan Game Android Terpilih 18 - 23 Agustus 2013

Halo sobat TRL, bertemu lagi di kolom Aplikasi dan Game Android Terpilih versi TRL. Di hari Minggu nan cerah ini TRL akan kembali mengulas beberapa aplikasi dan game terpilih yang baru dan pastinya patut dicoba. Edisi di bulan Agustus memang tidak full karena terpotong libur lebaran, semoga Anda menantikan edisi selanjutnya dari kolom ini dan semoga edisi baru ini bisa mengobati rasa kangen pembaca setiap TRL.

5 Aplikasi Android Terpilih

Indonesia TV Live

Aplikasi Indonesia TV Live menawarkan tontonan berbagai channel televisi Indonesia secara gratis, beberapa di antaranya euro sport, trans tv, antv, sctv, tvone dan banyak lagi lainnya. Daftar Channel tersedia secara otomatis tanpa proses pencarian yang memakan waktu, dan untuk mendapatkan hasil maksimal saat menikmati channel yang ada sebaiknya instal juga aplikasi Vitamio player plugin.

Aplikasi ini terakhir kali mendapatkan update pada tanggal 18 Agustus 2013 lalu, dibutuhkan ruang kosong 5.2 MB agar aplikasi dapat terinstal dengan baik. Karena menawarkan channel Indonesia, sudah pasti aplikasi ini populer di komunitas Android asal tanah air, sudah lebih dari 100,000 kali didownload dari Google Play.

Download: Google Play - Gratis

Test Psikologi

Bagaimana ya rasanya punya asisten yang bisa memberikan penilaian psikologi? Wah, pasti asik ya. Sobat bisa rasakan pengalaman itu dengan menginstal aplikasi bernama Test Psikologi yang diklaim oleh pengembang mampu memberikan penilaian sifat tersembunyi penggunanya sehingga secara sadar meningkatkan kualitas diri pengguna dan orang-orang di sekitarnya.

Aplikasi berisi sederet pertanyaan yang menggunakan kaidah pendekatan psikologi dan diakhir pertanyaan akan ditutup dengan hasil dari apa yang sobat jawab. Ada banyak jenis tes yang bisa sobat pilih, misalnya untuk mengetahui selera humor sobat, kapan saat mudah marah, aksi balas dendam apa yang sobat akan lakukan, dan banyak lagi lainnya.

Pengembang terakhir kali melakukan update 25 Juli 2013 dan sudah didownload lebih dari 100 ribu kali, aplikasi ini hanya berukuran 1MB dan hampir dapat dijalan di semua versi Android.

Download: Google Play - Gratis

Photo Editor by Aviary

Seperti aplikasi edit foto pada umumnya, di aplikasi Photo Editor by Aviary ini sobat bisa melakukan modifikasi foto sambil beraktifitas di luar rumah, yang membedakan Photo Editor by Aviary dengan aplikasi lain barangkali terletak pada kelengkapan menu yang ditawarkan yang diklaim hanya ditemukan di aplikasi premium sementara Photo Editor by Aviary bisa didapatkan secara gratis. Fitur yang ditawarkan, antara lain:

  • Modifikasi sekali sentuh
  • Efek foto dan bingkai
  • Stiker lucu
  • Keseimbangan Warna
  • Fitur potong, putar dan ketajaman gambar
  • Fitur pengaturan tingkat cahaya, kontras dan warna
  • Fitur ketajaman dan blur
  • Fokus
  • Penambahan teks
  • dan banyak lagi lainnya

Download: Google Play - Gratis

iQuran Pro

Kalau yang satu ini sobat TRL pastinya sudah paham untuk apa, namun di versi terbaru ini - setelah mendapatkan update - terdapat beberapa tambahan bahasa terjemahan yang sebelumnya hanya beberapa saja. Selain bahasa terjemahan pengembang juga menambahkan fitur-fitur baru seperti kemampuan untuk membandingkan hasil terjemahan, memilih jenis audio plus pengguna bisa memindahkan audio ke SD card, desain UI yang lebih baik, peningkatan tatap muka khusus untuk pengguna perangkat tablet dan alarm yang berbunyi pada hari Jumat.

Sebagai aplikasi premium dan pastinya bermanfaat untuk penganut muslim yang baik, iQuran dilepas dengan harga $1,99, masih lebih murah jika dibandingkan dengan Al-quran kertas. Yuk belajar mengaji dan mendalami makna Al-quran, cukup dimulai dengan men-download aplikasi sekarang juga.

Download: Google Play - $1,99

PicSay Pro - Photo Editor

Aplikasi foto sepertinya berhasil menarik perhatian komunitas Android di seluruh dunia, terbukti di tangga aplikasi terbaik Android ada banyak aplikasi yang menawarkan foto edit, satu lagi aplikasi yang menarik perhatian saya yakni PicSay Pro - Photo Editor. Tak jauh berbeda dengan aplikasi yang sudah kita bahas di atas; Photo Editor by Aviary, PicSay Pro ini menawarkan berbagai macam fitur yang memudahkan sobat untuk meddapatkan koleksi foto yang unik, lucu dan mengesankan.

Salah satu bagian yang membuat aplikasi ini berbeda adalah harga yang ditawarkan di angka $4, cukup tinggi sebenarnya dan fitur yang ditawarkan sepertinya tak jauh berbeda dengan aplikasi yang ada di kolom edisi ini. Cukup sulit menemukan kelebihan aplikasi ini tanpa mencoba sendiri, mungkin sobat bisa berikan bantuan untuk TRL. Silahkan download dan bagikan pengalaman sobat saat menggunakan aplikasi ini melalui kolom komentar di bawah artikel.

Download: Google Play - $4

Game Android Terpilih

LINE Pokopang

GameLINE Pokopang ini asli buatan LINE GAME yang tak lain adalah pengembang aplikasi chat LINE, mengikuti saudara tertuanya aplikasi game bergenre puzzle ini menguasai kategori game brain and puzzle di tangga game terbaik Android. Pemain yang bergabung di permainan ini tugasnya hanya menyusun blok berwarna sama sehingga membentuk ikatan, blok yang sama akan hilang dan menghasilkan poin demi poin yang dapat digunakan untuk meningkatkan level permainan.

Sobat yang ingin mencoba permainan ini wajib mempertimbangkan kapasitas memori, sebab ukuran file master-nya saja sudah 25MB belum lagi data permainan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Jika spek perangkat sudah oke, jadilah bagian dari 10 juta pengguna yang sudah mencicipi game ini.

Download: Google Play - Gratis

Onet

Masih di kategori brain and puzzle, di posisi kedua setelah LINE Pokopang kita punya Onet. Konsep game ini sederhana dan sudah banyak diadopsi oleh game-game lain yang lebih dulu muncul. Tugas pemain adalah menyusun dua gambar dengan posisi yang membentuk salah satu dari 3 format garis. Setiap susunan yang berhasil dibentuk memiliki poin yang berbeda, pemilik skor tertinggi akan ditampilan di menu Leaderboard. Ukuran aplikasi lumayan kecil hanya 2.4MB dan dapat berjalan di versi Android 2.1 ke atas.

Penasaran dengan game ini? Download sekarang!

Download: Google Play - Gratis

Bubble Combos

Bubble Combos juga mengusung konsep game klasik di mana pemain harus mencocokkan gelembung dengan corak yang sama, semakin banyak gelembung yang dipecahkan maka poin sobat semakin tinggi. Jika level easy terlalu mudah, soba bisa mencoba memainkan level Normal atau Hard. Dari 3 level kesulitan yang ada di game ini, total terdapat 120 level menantang yang bisa sobat temukan, warna-warna cerah tampak dominan menambah keceriaan pemain saat menjelajahi level demi level.

Download: Google Play - Gratis

World of Goo

Jujur saya sedikit kebingungan dengan deskripsi yang dicantumkan oleh pengembang, sebab sedikit sekali informasi yang menjelaskan gameplay dan level permainan, justru lebih banyak penjelasan penghargaan yang sudah diraih. Walaupun begitu saya cukup terkesan dengan torehan yang sudah diraih game ini, meskipun masih misterius tapi game berkelas ini wajib sobat coba, jangan lupa ceritakan pengalaman sobat di sini ya.

Sebelum instal, perhatikan dahulu memori internal sobat, soalnya game ini saja sudah berukuran 48MB, jangan sampai sudah beli malah gagal instal.

Download: Google Play - $2,99

The Room

Hingga aplikasi game terakhir ini kita masih berkutat di kategori brain and puzzle, nah yang satu ini genrenya puzzle misteri di mana sobat sebagai pemain akan dibawa ke ruangan misteri yang mengasah kemampuan sobat dalam memecahkan setiap teka-teki yang ada. Tampilan 3D yang jernih memudahkan pemain untuk menemukan apa yang dicari, level permainan akan semakin sulit seiring kefasihan pemain dalam menyelesaikan tantangan demi tantangan.

Ukuran filenya yang super besar 154MB wajib jadi perhatian serius, perangkat sobat harus mendukung tampilan 3D supaya bisa menjalankan game tanpa hambatan.

Download: Google Play - $1,93


Itu tadi kumpulan aplikasi dan game Android terpilih yang bisa TRL sajikan untuk mengisi weekend sobat di penghujung bulan Agustus ini. Jika Anda belum sempat membaca edisi terakhir pra libur lebaran, silahkan ke tautan ini. Dari saya dan tim TRL mengucapkan selamat berakhir pekan dan semoga liburan singkat Anda menyenangkan.