27 July 2013

by Bambang Winarso

Aplikasi dan Game Android Terpilih 22 - 26 Juli 2013

Halo sobat TRL, jumpa kembali dalam kolom aplikasi dan game Android terpilih untuk minggu ini. Artikel berseri ini akan selalu hadir setiap hari Sabtu, semoga bisa mengisi waktu luang Anda di akhir pekan. Apapun rencana sobat di hari ini, awali dengan menyimak deretan aplikasi dan game Android terpilih.

Bagi Anda yang belum sempat membaca aplikasi dan game Android terpilih minggu sebelumnya bisa menuju tautan ini. Di minggu ini TRL kembali menyajikan beberapa aplikasi terpilih untuk periode 22-26 Juli 2013. Siapa saja mereka? Ini dia ulasan selengkapnya:

5 Aplikasi Android Terpilih

Camera360 Ultimate

Camera360 menawarkan beberapa fitur dan tool untuk Anda yang hobi fotografi. Aplikasi ini sangat populer karena kemampuannya merubah ponsel Android yang memiliki kemampuan layaknya kamera digital. Bahkan beberapa fitur di dalamnya justri tidak dimiliki oleh kamera digital di pasaran. Berikut adalah beberapa fitur utama Camera360:

  • Ada 7 mode pengambilan gambar seperti special effect mode, self-portrait mode, quick-shoot mode, funny mode, tilt-shift mode, color-shift mode, audio camera dan lain sebaginya.
  • Memiliki kemampuan efek khusus yang telah ditingkatkan sehingga setiap mode pemotretan menghasilkan gambar efek yang lebih jelas dan berwarna.
  • Mode foto Montages tersedia untuk membantu Anda memotret momen bahagia tanpa terlewatkan satu pun.
  • Fitur Cloud menawarkan platform yang handal dan mudah untuk diatur
  • Memiliki fitur berbagi foto yang powerful sehingga mudah berbagi momen bahagia ke Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya.

Download: Google Play - Gratis

Du Battery Saver&Switch Widget

Du Battery Saver&Switch Widget adalah aplikasi gratis yang mampu meningkatkan performa baterai ponsel Anda sehingga mampu bekerja lebih lama dari biasanya. Aplikasi ini mempunyai kemampuan untuk menganalisa dan memperbaiki masalah yang ada di baterai dan juga menyesuaikan kebutuhan tenaga setiap elemen ponsel. Fitur unggulannya antara lain:

  • Informasi status power yang akurat
  • Smart Preset Mode; mampu memilih mode yang paling cocok untuk penggunaan ponsel atau menemukan keseimbangan baterai yang paling tepat
  • 4 Mode power yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan antara lain General Mode, Long Standby, Sleep Mode dan Custom Mode.
  • One Click Optimize memungkinkan Anda memperbaiki masalah konsumsi daya sehingga dapat menghemat tenaga baterai.
  • Dapat berjalan di belakang layar dan widget sederhana di layar depan
  • Tampilan informasi level daya, sisa waktu dan otomatis berubah warna menjadi merah jika daya berada di bawah level 20%.

Download: Google Play - Gratis

Clean Master (Cleaner)

Clean Master (Cleaner) memilik fungsi yang sama dengan CCleaner jika di platform PC, menawarkan tool powerful untuk mencopot dan membersihkan file sisa dan juga cache. Selain itu juga dapat digunakan menghapus pesan singkat, catatan panggilan dan catatan lainnya.

Fitur Utama

  • Membersihkan file sisa dan cache
  • Membersihkan hostori pencarian, pesan singkat dan panggilan
  • Manajemen aplikasi seperti memindahkan data aplikasi ke SD card atau mencopot/membackup aplikasi
  • Mematikan aplikasi

Download: Google Play - Gratis

Smart Tools

Smart Tools adalah aplikasi alat ukur super lengkap, ada 15 tool dan parameter yang dapat digunakan seperti pengukur panjang, jarak, tinggi, luas, arah kompas, pendeteksi logam, GPS, pengukur suara, pengukur getaran dan lain sebagainya. Masing-masing tool akan tersedia secara terpisah, penggunaannya tidak sulit, sobat hanya butuh waktu untuk menyesuaikan diri.

Download: Google Play -$2.43

Nova Launcher Prime

Nova Launcher Prime menawarkan banyak fitur versi berbayar, sobat bisa mencoba versi gratisnya untuk mengetahui seberapa bagus aplikasi ini. Tetapi beberapa fitur tidak bisa Anda temukan di versi gratis. Secara lengkap ini dia fitur yang ditawarkan oleh Nova Launcher Prime:

  • Kustom tab yang tidak terbatas
  • Fitur organisasi aplikasi ke tab dan folder
  • Gesture di desktop mudah diakses
  • Menyembunyikan aplikasi yang tidak pernah digunakan
  • Swipe dock
  • Menampilkan pesan, email dan panggilan tak terjawab di dock, drawer dan folder.
  • Efek scroll yang menawan
  • Dan banyak lainnya

Download Trial: Google Play - Gratis

Download Premium: Google Play - $4 [harus instal versi gratis dulu baru upgrade ke premium]

5 Game Android Terpilih

Pacific Rim

Menjadi Monsel untuk Menghadapi Monser, kalimat favorit saya di film Pacific Rim. Yap, game ini diadaptasi dari film robot versus monster yang sekarang sedang hot di Box Office Hollywood. Film buatan Guillermo del Toro ini menceritakan kisah munculnya monster dari bawah laut berjuluk Kaiju yang akan memusnahkan umat manusia, seluruh dunia kemudian bersatu menciptakan robot dengan nama Jaegers.

Tidak berbeda dengan cerita film aslinya, gameplay game ini juga menghadirkan Jaeger dan Kaiju. Ada 30 level yang harus sobat selesaikan, setiap level menghadirkan tantangan yang berbeda tentunya. Sobat dapat memilih salah satu dari 5 Jaeger yang tersedia untuk menghadapi Kaiju.

Download: Google Play - $4,92

Monsters University

Satu lagi game yang diadaptasi dari film animasi, kali ini diangkat dari game Disney - Pixar film dengan judul yang sama; Monsters University. Cerita di film ini sebenarnya merupakan cerita awal bagaimana dua orang sahabat Mike Wazowski dan Sulley pertama kali bertemu di Universitas Monster. Sobat tentu masih ingat dengan film Monseter Inch, nah di film Monster University ini kedua tokoh itu justru baru saling kenal.

Tantangan utama game ini adalah menangkap Archie, seekor babi yang menakutkan. Ada 30 level yang harus dilewati, tangkap Archie dan menangkan setiap levelnya untuk sampai ke level teratas.

Download: Google Play - $0.99

Where's My Mickey?

Mickey adalah tokoh paling populer di kalangan anak-anak, sobat pastinya tak asing dengan tokoh ini. Nah di game ini Anda diminta membantu mickey memecahkan teka-teki di 5 episode yang unik dan juga skenario yang mengejutkan. Di versi terbaru ini terdapat mekanisme cuaca di mana pemain dapat menggunakan angin, hujan dan juga manuver cuaca di 100 lebih level yang ada. Jika ingin mendapatkan bonus poin, bantu si anjing Pluto menemukan benda kesayangannya.

Download: Google Play - $0.99

Candy Crush Saga

Candy Crush Saga adalah game gratis bergenre petualangan dan teka-teki, sobat bisa menikmati setiap tantangan di game ini yang terdiri 100 level berbeda. Pemain akan berperan sebagai Tiffi, berdua bersama Mr. Toffee Anda akan berpetualangan menjelajahi dunia yang terbuat dari permen.

Download: Google Play - Gratis

Blood Brothers (RPG)

Blood Brothers mengusung konsep game RPG dengan konsep fantasi nan unik, terdapat 8 ksatria yang dapat sobat pilih antara lain knight, samurai, high elf, dark elf, ape, lizardman, dwarf, dan goblin. Pemain dapat mengatur strategi perang guna menghadapi musuh. Game Blood Brothers sudah diunduh lebih dari 15 juta orang dan tersedia gratis di Google Play.

Download: Google Play - Gratis


Akhirnnya selesai juga kita membahas 5 aplikasi dan 5 game Android terpilih untuk minggu ini. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, minggu depan TRL akan kembali mengulas dengan judul yang sama tapi berisikan aplikasi dan game terpilih lainnya. Jangan sampai ketinggalan!

Sumber Artikel dan gambar: Google Play.