Categories

Mobile

Aplikasi dari Samsung Ini Bisa Bantu Anak Penderita Autis

Bambang Winarso - 24 December 2014

Anak penderita Autis biasanya ditunjukkan dengan ciri-ciri sulit berkomunikasi dengan kontak mata dan mengendalikan emosi. Para orang tua pun kerap mengeluhkan dua hal tersebut sehingga dibuat frustasi olehnya. Untuk membantu para orang tua dalam memberikan terapi kepada anaknya, Samsung baru-baru ini merilis sebuah aplikasi Android bernama Look at Me.

Look at Me merupakan aplikasi kamera interaktif yang dirancang untuk membantu anak-anak penderita autis untuk dapat membaca suasana hati orang lain, memahami ekspresi dan mengingatnya untuk kemudian diharapkan dapat menjadi input bagi mereka dalam menunjukkan ekspresi lewat kontak mata, ekspresi wajah dan gerak tubuh.

Memanfaatkan fitur kamera di smartphone, aplikasi Look at Me mengajarkan anak-anak autis untuk berekspresi lewat input yang diberikan tersebut. Anak juga dapat mengabadikan pose dan juga ekspresi wajah lewat aplikasi yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan kehidupan sosial di sekitarnya seiring pertumbuhan mereka.

 

Info Menarik: Developer Indonesia TouchTen Games Sedang Buat Game Baru Bersama 9GAG?

 

Aplikasi dirancang pula agar dapat memberikan hiburan kepada anak dengan berbagai misi interaktif disertai sistem poin. Permainan ringan ini dapat diselesaikan dalam waktu seminggu dengan durasi bermain antara 15 hingga 20 menit.

Sebelum merilis aplikasi ini ke publik, Samsung telah melakukan penelitian mendalam bersama para ilmuwan yang terdiri dari doktor dan profesor dari Universitas Nasional Seoul dan Universitas Yonsei.

Dalam penelitian tersebut para ilmuwan melibatkan 20 anak penderita autis yang diamati selama 8 minggu. Hasilnya seperti dikutip dari Samsungtomorrow, setelah menggunakan aplikasi Look at Me, 60% dari objek penelitian menunjukkan peningkatan dalam melakukan kontak mata. Mereka juga dapat mengindentifikasi ekspresi emosi dengan lebih mudah, misalnya ekspresi senang, terkejut dan takut.

https://www.youtube.com/watch?v=vNr1kS1ksP8&feature=youtu.be

Aplikasi Look at Me saat ini sudah tersedia di toko aplikasi Google Play dan dapat diunduh secara cuma-cuma.

Sumber berita PhoneArena.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter