Mengaktifkan DNS 1.1.1.1 di Ponsel Kini Lebih Mudah Berkat Aplikasi Android dan iOS-nya

Mengaktifkan DNS 1.1.1.1 di Ponsel Kini Lebih Mudah Berkat Aplikasi Android dan iOS-nya

Tak perlu pusing mengubek-ubek menu pengaturan jaringan
Tampilan aplikasi DNS 1.1.1.1 di Android / Google Play
Tampilan aplikasi DNS 1.1.1.1 di Android / Google Play

Masih ingat dengan 1.1.1.1, layanan DNS baru persembahan Cloudflare yang dirilis pada tanggal 1 April lalu? Pasca peluncurannya, DNS itu memang sudah bisa digunakan di berbagai perangkat: langsung di router, di komputer, atau di smartphone. Kendati demikian, meskipun 1.1.1.1 mudah sekali diingat, mengganti DNS di smartphone ternyata tidak semudah membalik telapak tangan.

Kendala seperti ini jelas membuat konsumen awam jadi enggan menggunakan 1.1.1.1 pada ponselnya, terlepas dari banyak manfaat yang diberikannya; utamanya soal kecepatan dan jaminan privasi. Cloudflare sudah punya solusinya, yakni dalam bentuk aplikasi.

Dirilis untuk Android dan iOS pada 11 November (11-11) kemarin, aplikasi 1.1.1.1 benar-benar dirancang penuh dengan kesederhanaan. Hanya ada satu tuas di dalamnya, yakni untuk mengaktifkan atau menonaktifkan DNS 1.1.1.1 pada perangkat. Semuanya berlangsung secara otomatis tanpa mengharuskan pengguna mengubek-ubek menu pengaturan jaringan.

Sejauh yang saya coba, tidak ada perbedaan antara mengaktifkan 1.1.1.1 via aplikasi atau secara manual melalui menu pengaturan jaringan. Cloudflare sendiri juga masih bisa berbangga mengetahui 1.1.1.1 yang mencatatkan performa tercepat di kategori DNS publik versi DNSPerf.

Satu catatan terakhir, aplikasi 1.1.1.1 bisa diunduh secara cuma-cuma. Cloudflare sama sekali tidak menarik biaya, demikian pula untuk penggunaannya di perangkat desktop.

Sumber: Cloudflare via SlashGear.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…