PT Espay Debit Indonesia Koe, lewat layanan dompet digital DANA, siap meluncurkan aplikasi dalam waktu dekat. Kehadiran aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah akses layanan kepada masyarakat.

Kepada DailySocial, Chief Communications Officer DANA Chrisma Albandjar mengungkapkan, pihaknya berupaya mendorong pengalaman bertransaksi nontunai dan non-kartu di masa depan sehingga inklusi keuangan di Indonesia dapat meningkat secara signifikan.

Dengan menghadirkan aplikasi sendiri, masyarakat dapat lebih mudah mendaftar tanpa harus menjadi pelanggan merchant terlebih dahulu. Perlu diketahui, saat ini DANA baru dapat dinikmati di merchant yang menjadi mitranya.

“Saat ini, opsi untuk mendaftar sebagai pengguna DANA masih lewat aplikasi layanan mitra. Dalam waktu dekat kami akan merilis aplikasi DANA. Tunggu saja update dari kami,” ungkap Chrisma.

Ia berujar, nantinya meski sudah memiliki aplikasi sendiri, layanan DANA akan tetap hadir dalam bentuk widget di sejumlah mitra merchant online. Merchant online apapun tetap bisa menjadi mitra DANA sebagai solusi pembayaran.

“Pelanggan tetap bisa bertransaksi meskipun mereka tidak menginstal aplikasi DANA di ponselnya, karena pilihan pembayaran itu tetap ada di dalam aplikasi atau website merchant yang bersangkutan.”

Selain itu, perusahaan yang bernaung di bawah EMTEK Group ini terus memperkuat strateginya dengan memperluas jaringan merchant online dan offline. Layanan DANA kini tersedia di merchant online dan offline, antara lain BlackBerry Messenger (BBM), Bukalapak, Ramayana, dan TIX.

Menurutnya, layanan DANA masih terintegrasi di platform merchant agar proses pembayaran menggunakan DANA lebih mudah dan aman. Pengguna juga tak perlu keluar dari platform merchant karena akunnya tersinkronisasi secara otomatis di berbagai merchant DANA.

Secara teknis, data pengguna tetap dimiliki masing-masing layanan meskipun DANA saat ini merupakan in-app service yang terintegrasi di merchant. Artinya, baik mitra merchant dan DANA memiliki database pelanggan sendiri.

Kolaborasi DANA dan Dukcapil

Salah satu komitmen DANA di Tanah Air adalah mendorong pengalaman bertransaksi nontunai dan nonkartu adalah berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kolaborasi ini berbentuk uji coba verifikasi data pengguna dan validasi layanan. DANA akan mendapat konfirmasi validitas data pengguna dari Dukcapil untuk menghindari potensi penyalahgunaan data oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Dengan mengandalkan verifikasi dari Dukcapil, segala prosesnya dapat diselesaikan lebih cepat dalam kurun waktu 24 jam dan efisien karena mengandalkan sistem komputer.

Sebetulnya, proses integrasi dengan Dukcapil sudah selesai. Untuk memastikan kualitas layanan tidak terganggu, pihaknya akan melakukan uji coba kepada 1.000 pengguna dulu. Artinya roll out verifikasi ke Dukcapil akan dilakukan bertahap.

“Secara teknis, kami akan melakukan Know Your Customer (KYC) di mana nanti verifikasinya dilakukan Dukcapil. Setelah itu, Dukcapil tinggal mengonfirmasi datanya benar atau tidak. Kami tidak ada pembagian atau perpindahan data (dari dan ke Dukcapil atau mitra merchant),” tutur Chrisma.

Bagi DANA, lanjut Chrisma, pemanfaatan data kependudukan Dukcapil untuk verifikasi ini berdampak signifikan dalam mempercepat layanan dan menghindari potensi pemalsuan data.

“Kerja sama ini juga merupakan upaya kami dan pemerintah untuk melindungi kerahasiaan data masyarakat. Ini untuk memastikan terpenuhinya verifikasi data pelanggan dan validasi secara aman dan akurat,” tuturnya.

Dijelaskan Head of Products DANA Rangga Wiseno, proses verifikasi layanan DANA dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan video call dan data Dukcapil. Saat ini, verifikasi dengan kedua opsi tersebut masih dalam tahap roll out.

“Namun, nantinya kami bakal fully roll out ke (data) Dukcapil sehingga tidak perlu video call lagi karena itu bisa bottleneck. Pengguna dan tim harus cocokkan jadwal, dan belum tentu mereka mau ditelepon,” ungkapnya.

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.